oleh

Tingkatkan Literasi Pemuda Pemkab Rembang Gelar Jelajah Literasi ke-14 SMA

Rembang, Mitrapost.com – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Rembang ke-278, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (ARPUS) Kabupaten Rembang menggelar kegiatan Jelajah Literasi di SMA N 1 Pamotan Kecamatan Pamotan, Selasa (30/7/2019). Kegiatan tersebut direncanakan akan menyasar sejumlah SMA di 14 Kecamatan Kabupaten Rembang.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan kegiatan Jelajah Literatur ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong para siswa untuk gemar membaca dan mencintai buku. Di era digital seperti saat,

kehadiran ponsel dan perangkat komunikasi digital atau gadget, sangat sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi para generasi muda.

Bupati mengungkapkan, 76 persen pengguna ponsel di Indonesia memanfaatkan ponsel tidak untuk hal yang semestinya. Bahkan cenderung digunakan untuk hal-hal yang menjurus ke negatif.

Baca Juga :   Pandemi Picu Angka Stunting Meningkat

Oleh karena itu, Pemkab berencana meluncurkan sebuah layanan literatur digital berbasis website yang bisa diakses melalui ponsel android. Sehingga para siswa bisa menggunakan gadget mereka untuk hal yang positif dengan mengakses literatur tanpa harus menggunakan buku. Trobosan tersebut juga merupakan bentuk upaya Pemkab untuk penekanan angka penyalahgunaan gadget yang sering digunakan para generasi muda untuk hal yang negatif.

“Setan gepeng ini jangan sampai dibiarkan, harus dimasuki yang namanya literasi digital agar anak-anak ini bisa memanfaatkan untuk kepentingan pribadinya maupun untuk kepentingan yang lain. Ini merupakan sarana untuk belajar, kalau anak-anak sekarang mungkin maunya yang instan dan dapat. Maka melalui literatur digital ini akan bisa cepat untuk mendapatkan ilmu,” kata Bupati.

Baca Juga :   Stok Oksigen RS Bhina Bakti Husada Rembang Menipis

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus kabupaten Rembang, Agus Salim dalam laporannya mengatakan kegiatan selajah literasi merupakan salah satu penyelenggaraan pekan literasi daerah Kabupaten Rembang tahun 2019 yang merupakan hasil kerjasama dari kelompok masyarakat dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Rembang. Dalam kegiatan tersebut diadakan workshop singkat dengan sasaran generasi milenial yang bertujuan meningkatkan serta menyebarluaskan semangat literasi diseluruh wilayah Kabupaten Rembang. (*)

 

Komentar

Berita Terkait