Disidak Ombudsman, Pelayanan Disdukcapil Pati Perlu Ditingkatkan

0
23
Foto ; Ombudsman Jateng, Acim Dartasim sidak Disdukcapil Pati/Mitrapost.com

Kota, Pati – Ombudsman Jawa Tengah melaksanakan investigasi pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pati, pada Rabu (9/1). 

Hasil sidak yang dipimpin oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Jateng Acim Dartasim menjelaskan, pelayanan Disdukcapil terhadap masyarakat tidak memuaskan. Pasalnya, layanan pengurusan kependudukan dibatasi hingga 150 antrean, dan rentang waktu pelayanan cukup lama. 

“Bahkan jumlah 150 pemohon tersebut tidak termasuk masyarakat yang mengajukan legalisir. Hal ini dinilai kurang, dan menjadi PR bersama,” ujar Acim Dartasim.

Selain masalah pelayanan yang perlu diperbaiki oleh Disdukcapil Pati, terkait ruang tunggu antrean yang kurang nyaman dan panas karena tidak ber AC juga menjadi sorotan. Terkait honor Tenaga Harian Lepas (THL) juga dinilai rendah oleh Ombudsman. 

Baca juga : Alot, Penangkapan Wisnu Wardhana Hingga Tabrak Motor Kejari Surabaya

“Karena kesejahteraan pegawai dan fasilitas pelayanan mempengaruhi kualitas pelayanan publik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Pati Rubiyanto mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan dan meningkatkan kualitas pelayanan Disdukcapil. 

Adapun pembatasan jumlah pemohon tersebut dilakukan karena ada sebagian peralatan yang rusak dan sejumlah personel yang pensiun. Hal ini untuk mengantisipasi agar pengajuan surat yang masuk dapat ditangani sesuai dengan kemampuan Disdukcapil. 

“Kami berterimakasih kepada Ombudsman, karena dengan ini kami jadi mengerti poin-poin mana yang harus kami benahi,” ujar Rubiyanto.

Sementara itu, investigasi tersebut merupakan survei kondidi awal, dan akan ada pendampingan untuk perbaikan di bulan selanjutnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here