Polisi Tetapkan Bagus Bawana Sebagai Tersangka Pembuat Berita Hoaks Surat Suara Tercoblos

0
20

Jakarta – Polisi menetapkan Bagus Bawana Putra sebagai tersangka pembuat berita hoax yang berisikan 7 kontainer surat suara tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Meski sebelumnya berusaha kabur, tersangka berhasil ditangkap di Sragen, Jawa Tengah pada Senin (7/1) lalu.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo pada Rabu (9/1) kemarin di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan.

Baca juga : Pamit Cari Rumput, Warga Cengkalsewu Sukolilo Ini Ditemukan Tewas di Pinggir Sawah

“Kami menetapkan BBP sebagai tersangka setelah mendapatkan hasil pemeriksaan barang bukti dan pemeriksaan ilmiah,” ujarnya.

Dedi menuturkan setelah berita tersebut beredar, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Rahmat Wibowo bersama tim langsung menganalisa menggunakan audio forensik.

“Melalui rangkaian analisis suara, kami menemukan 99% kecocokan suara di rekaman dengan suara tersangka,” imbuhnya.

Lanjut Dedi, setelah merekam suara dan menyebarkannya Bagus Bawan langsung menutup akun media sosialnya dan membuang ponsel beserta sim cardnya. Tidak hanya itu Bagus Bawana juga mengaku sebagai Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional (Kornas) Prabowo – Sandiaga. Namun kelompok relawan itu disebut tak terdaftar di Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Baca juga : Peresmian Monumen Bandeng, Tanda Berakhirnya Proyek Pembangunan 2018

“Untuk tersangka akan dikenakan Pasal 14 ayat 1 dan 2  Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here