PMS dan Cara Mengatasinya

0
9

Mitrapost.com – Siklus menstruasi yang dilami wanita setiap bulan, biasanya disertai dengan pre menstrual syndrome (PMS). PMS ini mampu mempengaruhi keadaan emosi dan fisik menjadi tidak menentu. 

Meskipun belum diketahui secara pasti, PMS dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron sehingga mempengaruhi keadaan emosi dan fisik wanita. Biasanya keluhan yang dialami adalah kram perut, nyeri punggung hingga kaki, dan mual. Lalu, bagaimana mengatasi keluhan tersebut?

Berikut Mitrapost.com rangkum bagaimana cara mengatasi keluhan yang biasa dialami saat PMS: 

  1. Kram Perut

Kram perut yang dialami oleh wanita menjelang menstruasi memiliki tingkat kesakitan yang berbeda pada setiap individu. Kram perut saat menstruasi terjadi ketika dinding rahim dan lapisan endometrium sedang luruh.

Cara mengurangi rasa sakit akibat kram perut saat menstruasi bisa dengan mengonsumsi gandum. Kandungan gizi pada gandum membuat proses peluruhan lapisan endometrium menjadi lebih halus. 

Baca juga : Atap SDN 02 Regaloh Rusak diterjang Angin Puting Beliung

Selain itu, kram perut bisa dikurangi dengan cara mengompres perut menggunakan kantong berisi air hangat dan diletakkan diatas perut. 

2. Nyeri Punggung dan Pegal-Pegal

Nyeri punggung adalah efek dari kram yang terjadi pada dinding rahim. Kamu bisa mengatasinya dengan tetap aktif dan jaga asupan cairan selama menstruasi.

Minum air putih yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mengurangi rasa pegal. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air.

Stretching ringan, selain membuat otot lebih fleksibel dan rileks juga bisa mengurangi  rasa nyeri dan badan pegal saat kamu menstruasi. 

3. Mual

Tak jarang, saat menstruasi wanita juga merasakan mual. Hal ini terjadi karena hormon yang berpengaruh pada sistem pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi camilan atau kudapan manis, namun dengan jumlah tertentu dan jangan berlebihan. 

4. Badan Mudah Lemas

Banyaknya darah yang keluar saat menstruasi mempu mengurangi jumlah zat besi didalam tibuh. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti yang terdapat pada bayam, jagung, jeruk, kacang-kacangan, beras merah, roti gandum, dan ikan. 

Mood menjadi tak labil saat menstruasi terjadi akibat faktor hormonal. Situasi ini dapat diatasi dengan mengatur pola makan dengan baik selama menstruasi. Pilih menu tinggi protein dan karbohidrat kompleks untuk memberi Anda energi dan menjaga kadar gula darah tetap konsisten.

Perut kembung saat menstruasi terjadi akibat adanya retensi air. Atasi hal ini dengan membatasi supan garam, serta sebisa mungkin hindari konsumsi kafein. 

Baca juga : Banjir Meluber ke Jalan Pantura Pati, Sat Lantas Pantau Lalu Lintas

6. Mood Swing

Wanita cenderung mengalami mood swing, atau perubahan mood menjadi labil saat menstruasi. Hal ini terjadi akibat faktor hormonal. Kebanyakan wanita menjadi lebih sensitif dan emosional. 

Atasi situasi tersebut dengan mengatur pola makan serta pilih menu yang mengandung protein tinggi dan karbohidrat kompleks. Hal tersebut untuk memberi energi dan menjaga kadar gula darah tetap konsisten. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here