Dapat Laporan Perusakan Baliho, Bawaslu Segera Lakukan Investigasi

Reporter : Agus Riyanto

0
33
Foto : Ahmadi, ketua Bawaslu (kiri)/Mitrapost.com/Agus Riyanto

Kota, Pati – Bawaslu Pati menerima laporan dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Pati Joni Kurnianto, pada Jum’at (11/1) atas perusakan baliho salah satu Caleg dari Parpol Demokrat di Desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso.

Ahmadi selaku ketua Bawaslu mengatakan, akan segera melakukan investigasi kepada pelaku. Kasus perusakan alat peraga kampanye (APK) tersebut bisa mengarah pada tindak pidana sebagaimana tertera dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. 

“Kami akan segera melakukan investigasi awal terkait kasus perusakan APK berupa baliho, karena itu merupakan tindakan pidana pemilu,” terangnya kepada mitrapost.com pada Sabtu ( 12/1).

Baca juga : Karakter ‘Cipta’ Membawa Rizka Juarai Lomba Komik Dunia

Ahmadi menjelaskan, jika persyaratan perusakan sudah terlampir data terlapor, maka perkara itu bisa diregistrasi. Dan Bawaslu bisa segera mengambil langkah untuk proses selanjutnya.

“Bawaslu akan melakukan penelusuran dan klarifikasi terhadap masyarakat yang dianggap tau dan dicurigai atas tindakan perusakan tersebut,” imbuhnya.

Atas kasus tersebut, Bawaslu berpesan agar masyarakat berpartisipasi dalam mengawasi APK yang ada, dan segera melaporkan kepada Bawaslu jika menemukan kejadian yang serupa.

“Kami mengimbau agar masyarakat turut serta dalam mengawasi APK dan langsung melapor ke Bawaslu jika menemukan perusakan oleh oknum,” pungkasnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here