Karakter ‘Cipta’ Membawa Rizka Juarai Lomba Komik Dunia

0
16
Foto : Rizka Raisa pemenang School Superhero Comic Contest/Mitrapost/ foto © UNICEF

Mitrapost.com – Siswi 17 tahun, Rizka Raisa Fatimah Ramli asal Makassar menjuarai lomba School Superhero Comic Contest yang diselenggarakan oleh UNICEF dan Comics Uniting Nations. 

Lomba yang mengusung tema ‘pahlawan sekolah’ tersebut, mengajak anak-anak dan remaja untuk menciptakan superhero mengalahkan The Silence (Sang Senyap, dalam bahasa Indonesia). The Silence merupakan tokoh jahat yang membungkam anak-anak untuk berbicara melawan bullying atau perisakan di dalam dan luar sekolah. 

Lomba yang diluncurkan pada Oktober 2018 itu membawa Rizka menciptakan karakter ‘Cipta’ sebagai tokoh pahlawan super.

Baca juga : Gagalkan Curanmor, Juru Parkir dapat Penghargaan Polsek Jepara

Tokoh Cipta dikisahkan sebagai pahlawan super yang memberikan buku sketsa kepada anak-anak yang takut atau terintimidasi dalam kasus perisakan. Melalui sketsa tersebut, objek yang digambar bisa menjadi nyata dan bisa dikontrol. 

Dilansir dari VOA Indonesia, komik tersebut berasal dari pengalaman Rizka yang pernah mengalami perisakan di sekolah. 

“Aku ngalamin senioritas waktu baru masuk SMA, diteriakin, dibikin malu. Temanku pernah dilempar senior pakai gelas plastik berisi es,” ungkapnya.

Selain itu, Rizka merupakan pribadi yang malu namun melalui gambar ia merasa lebih bebas berekspresi. Sehingga karakter Cipta sedikit banyak merupakan refleksi dari pengalaman Rizka.

“Saya lebih nyaman speak up melalu gambar karena saya lebih bebas berekspresi. Oleh karena itu Saya membuat karakter Cipta dengan konsep melawan Sang Senyap dengan kesenyapan,” terang Rizka. 

Komik ‘Cipta’ mengalahkan sekitar 3.600 karya dari 130 negara. ‘Cipta’ mendapat 23.000 suara dari situs web mengalahkan ribuan peserta lainnya. 

Baca juga : PMS dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya, Rizka akan berkolaborasi dengan tim profesional untuk menerbitkan karyanya serta mendapat pendampingan dan pembinaan dari Gabriel Picolo. 

Komik tersebut akan dipamerkan kepada para pemimpin dunia di Forum Politik Tingkat Tinggi (High Level Political Forum) tentang Pembangunan Berkelanjutan di Markas PBB New York pada Juli 2019, serta didistribusikan ke sekolah-sekolah dan anak-anak di seluruh dunia. 

Selain itu, lomba tersebut merupakan kampanye global yang digaungkan UNICEF dalam mengakhiri kekerasan. (*)

Foto : Komik “Cipta” karya Rizka Raisa / foto © UNICEF

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here