Hindari Kecanduan Gadget Pada Anak, Terapkan Hal Berikut

0
11

Mitrapost.com – Dewasa ini gadget menjadi barang yang tidak bisa lepas dari keseharian. Baik itu menggunakan gadget sekedar untuk bersenang-senang atau untuk mendukung aktivitas.

Di era modern yang didukung dengan hadirnya teknologi yang serba canggih ini rasanya sangat sulit untuk membuat anak tidak menggunakan gadget. Bahkan, tak jarang gadget menjadi alat bagi orangtua untuk menenangkan anak atau membuat anak betah dirumah. 

Akan tetapi penggunaan gadget secara berlebihan bisa menimbulkan ketergantungan. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental terhadap anak. Meskipun tidak bisa dipungkiri, penggunaan gadget memiliki peran dalam perkembangan anak akan tetapi harus sesuai batasan.

Baca juga : Diduga Mencuri Ayam, Seorang Pria Dikeroyok Hingga Meninggal

Lalu bagaimana mengatasi agar anak tidak kecanduan menggunakan gadget? berikut hal-hal yang dapat diterapkan untuk mengatasi ketergantungan gadget: 

  1. Menjadi Role Model

Saat manusia pada fase anak-anak mereka mempunyai sifat alami untuk meniru hal-hal disekitarnya, terutama meniru orang-orang terdekat. Oleh karena itu pada fase ini, peran orangtua adalah menjadi role model atau panutan bagi anak-anak.

Oleh karena itu, untuk menghindari atau mengantisipasi anak agar tidak menggunakan gadget secara berlebihan pada usia dini orangtua hendaknya memberikan contoh yang benar. Jangan sampai orangtua melarang anak bermain gadget, tapi orangtua justru tidak bisa lepas dari menggunakan gadget. 

2. Membatasi Waktu Penggunaan Gadget

Kamu tetap bisa memperbolehkan anak menggunakan gadget, namun perlu dibatasi dan diawasi penggunaannya. Tegaskan kepada anak kapan waktu boleh menggunakan gadget, dan pantau aplikasi dan situs apa yang boleh dan tidak boleh digunakan. 

Selain itu, perhatikan juga dalam meletakkan gadget. Jangan meletakkan gadget disembarang tempat, hal ini bisa memicu anak menggunakan gadget secara diam-diam.

3. Perbanyak Aktivitas diluar dan didalam Rumah

Mengajak anak melakukan aktivitas diluar atau didalam rumah namun tetap mempertimbangkan keseruan kegiatan didalamnya dapat membantu menghindarkan anak menggunakan gadget.

Baca juga : Menteri Keuangan Tetapkan Wajib Pajak Pengusaha/Penyedia Jasa e-Commerce

Berilah aktivitas yang disukai anak, atau perkenalkan hal-hal baru yang dapat menyibukkan anak. Mengajak anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya juga bisa menjadi alternatif agar anak belajar tentang kehidupan sosial. 

4. Berikan Reward atau Hadiah

Memberikan hadiah bisa menjadi motivasi bagi anak untuk mengurangi frekuensi penggunaan gadget. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here