Garam Impor Masuk ke Daerah Pati, Petani Garam Mulai Resah

Reporter : Agus Riyanto

0
10
Foto : Sosialisasi Daerah PuGar/Mitrapost.com/Agus Riyanto

Pati – Petani garam di Pati resah dengan adanya garam impor yang sudah masuk ke daerah, daerah penghasil garam di Kabupaten Pati.

Hal tersebut telah diungkapkan oleh salah satu petani garam dari Desa Tluwok Kecamatan Juwana, Agus merasa kecewa dengan adanya tumpukan garam impor yang saat ini berada di daerahnya. Terlebih lagi keberadaan garam impor tersebut sudah mengantongi surat ijin dari pemerintahan daerah.

“Kami para petani merasa resah dengan adanya garam impor di desa kami. Apalagi garam yang di impor sangat banyak bahkan memiliki ijin impor dari pemerintahan setempat. Kami mohon kepada pemerintahan Kabupaten Pati untuk menindak lanjutinya,” ungkapnya.

Baca juga : Sebagai Produsen Garam Terbesar No.2 Nasional, Pemkab Pati Cegah Impor Garam di Pati

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pati menerangkan tidak setiap orang bisa mendapatkan izin pendistribusian garam impor. Bahkan untuk mendapatkan izin harus melalui tahapan dan pengurusanya harus ke pemerintah pusat di Jakarta.

“Dalam hal tersebut yang memberikan ijin dari pemerintahan pusat, karena kalau sudah mendapatkan ijin dari pusat pemerintahan daerah tidak bisa berbuat apa,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pati sudah menyampaikan perihal tersebut kepada gubernur Jawa Tengah agar ijin impor dialihkan ke daerah yang tidak memproduksi garam lokal.

“Kami sudah membicarakan dengan Pak Gubernur Jawa Tengah, kalau bisa yang impor itu jangan ditaruh di Kabupaten Pati. Mungkin bisa ke daerah lain karena Kabupaten Pati merupakan daerah produksi garam,” pungkasnya.

Keberadaan garam impor di daerah Pati dapat mengancam pertumbuhan ekonomi daerah. Khususnya para petani garam. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here