5 Benda yang Pantang Dijadikan Kado Imlek

0
13

Mitrapost.com – Tahun baru imlek menjadi momen menyenangkan untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

Selain menjadi momen berkumpul bersama keluarga, perayaan imlek juga menjadi momen untuk saling memberikan kado. Namun, tahukah kamu ada benda yang tidak boleh diberikan sebagai kado saat imlek?

1. Sepatu

Memberikan sepatu sebagai kado sebaiknya tidak dilakukan, pasalnya  pengucapan kata sepatu (鞋 xié) dalam bahasa mandarin terdengar seperti kata kemalangan atau kejahatan (xié). 

2. Payung

Mungkin kamu terpikirkan untuk memberikan hadiah payung karena saat ini Indonesia sedang musim penghujan, akan tetapi memberikan payung sebagai kado lebih baik diurungkan. 

Hal tersebut karena payung identik dengan simbol putus hubungan. Selain itu pengucapan  kata “payung” (伞 sǎn) juga terdengar seperti “putus hubungan” (散 sàn).

3. Jam

Jam diasosiasikan dengan nasib buruk, karena dalam perkataan “memberikan sebuah jam” (送钟 sòng zhōng)  terdengar sama seperti “menghadiri sebuah ritual pemakaman” (送终 sòng zhōng). Sehingga memberikan jam tangan sama saja mendoakan keburukan terjadi kepada orang yang bersangkutan. 

4. Benda Warna Hitam atau Putih

Hindari memberikan kado dengan tema warna hitam atau putih. Baik itu dari pembungkus kado ataupun amplop usahakan tidak menggunakan kedua warna tersebut. Hal tersebut tidak diperbolehkan karena warna hitam dan putih kental kaitannya dengan pemakaman.

5. Cermin

Cermin dianggap dapat mengundang keberadaan roh jahat dan hantu. Selain itu, cermin merupakan benda yang mudah pecah dan memecahkan benda dianggapa dapat memberikan nasib buruk. 

Sebelum memberikan hadiah, alangkah baiknya memperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh diberikan. 

Selamat Merayakan Imlek. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here