oleh

Persiapkan Kebijakan New Normal Pemkab Pati Tunda Kegiatan Santri di Ponpes

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com Pemerintah Kabupaten Pati telah mengeluarkan surat edaran no:440/1337 tentang penundaan kegiatan santri di ponpes (pondok pesantren) untuk mempersiapkan kebijakan new normal kegiatan santri.

Kebijakan Pemkab ini telah disetujui oleh Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), DPRD, Disdikbud, Kemenag, Pengurus Cabang NU, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan beberapa perwakilan pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Pati.

Beberapa kebijakan tersebut diantaranya pemerintah mengimbau agar menunda penerimaan kedatangan santri di ponpes sampai diterbitkannya aturan petunjuk pelaksanaan kegiatan pesantren dalam menghadapi new normal.

Ponpes diimbau menyiapkan tata kelola ruang dan tata kelola waktu dengan mengacu ketentuan protokol kesehatan.

Pihak ponpes juga diwajibkan berkoordinasi dengan gugus tugas dan puskesmas di wilayah terkait dan mengoptimalkan peran Poskentren (Pos Kesehatan Pesantren) sebagai upaya preventif persiapan dalam proses penerimaan kedatangaan santri dan karantina.

Baca Juga :   Pendidikan di Ponpes Diperbolehkan, Baru 3 Pesantren Minta Izin

Baca juga:‘New Normal’ di Lingkungan Ponpes, Bupati Pati: Tunggu Regulasi Resmi Kemenag

Terkait edaran tersebut beberapa organisasi keagamaan memberikan tanggapan positif. Salah satunya oleh Muhammad Dawam, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center.

“Muhamamdiyah belum memperbolehkan kegiatan santri di pondok, itu sesuai dengan edaran resmi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang tuntunan dan panduan menghadapi pandemi dan dampak covid-19,” ujarnya saat dihubungi pada Sabtu (13/6/2020).

Senada dengan Muhammadiyah, PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Pati juga mengeluarkan edaran serupa tentang imbauan menangguhkan kedatangan santri ke pesantren.

“PCNU juga meminta pengurus ponpes menahan santri untuk kembali ke pesantren. Respon dari pondok pesantren ada yang menunda dan ada juga yang tetap menerima kedatangan santri. Namun diserahkan kepada pengasuh masing-masing terkait pebelajaran di pesantren agar tetap dengan memperhatikan protokoler Kesehatan,” kata Yusuf Hasyim, Ketua PCNU Pati. (*)

Baca Juga :   Muhammadiyah Pati Tak Gelar Salat Ied di Stadion Tahun Ini

Baca juga:LP Ma’arif NU Pati Sebut Alami Kendala Terapkan Protokol Kesehatan di Lingkungan Pesantren

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, difacebookdan instagram

Redaktur :Ulfa PS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral