Ketahuilah Bahaya Mencabut Gigi Bagian Atas

Mitrapost.com – Sering kali kita mendengar bahaya mencabut gigi bagian atas. Mitosnya akan berdampak pada mata hingga mengalami kebutaan. Tapi sampai saat ini, dari pihak medis belum bisa menjelaskan mengenai hal tersebut.

Biasanya, pencabutan gigi geraham atas dilakukan karena adanya masalah pada gigi geraham atas Anda. Misalnya gigi yang berlubang, gigi yang patah dan lain-lain. Bagi Anda yang memiliki rasa takut untuk pergi mengkonsultasikan masalah gigi khususnya masalah gigi geraham atas anda kepada dokter gigi. Artikel kali ini akan menjelaskan bahaya mencabut gigi geraham bagian atas, supaya Anda tau dan lebih waspada.

Baca juga : Berbagi Manfaat 10 Bahan Untuk Menghilangkan Jerawat

Baca Juga :   Berikut 3 Jenis Masker yang Berlabel SNI

Bahaya mencabut gigi geraham bagian atas akan mengakibatkan :

  1. Luka atau Robek di Sekitar Gusi

Bahaya cabut gigi j akan mengakibatkan luka/robek dibagian gusi. Hal tersebut mengakibatkan rasa sakit karena adanya udara yang msuk ke bagian jaringan yang mengakibatkan gusi lebih rentan dan sensitif.

  1. Pembengkakan

Ketika gusi mengalami luka, akan mengakibatkan pembengkakan yang membuat pasien susah untuk membuka mulut, bahkan untuk mengunyah makanan. Penyebab utama dari terjadinya bengkak ini adalah karena seluruh bagian rahang serta saraf terjadi trauma. Pencabutan gigi mampu menyebabkan trauma pada area gigi bermasalah tersebut.

  1. Pendarahan

Hal yang sering sekali terjadi saat pencabutan gigi adalah pendarahan. Pendarahan dapat terjadi apabila terlalu keras saat pencabutan ataupun merobek bagian gusi. Pendarahan pada umumnya dialami oleh pasien yang sebelumnya pernah menderita penyakit hati atau hepatitis.

  1. Tertinggalnya Sisa Akar
Baca Juga :   Kerjasama dengan Akatiga, Fatayat NU Pati Teliti Pelayanan Kesehatan

Bahaya lain yang kemungkinan terjadi pada proses pencabutan gigi geraham atas adalah tertinggalnya sisa akar. Gigi yang rapuh dan pecahnya gigi yang bermasalah, mampu menjadi faktor pemicu tertinggalnya akar gigi ketika proses pencabutan dilakukan. Dokter gigi perlu untuk segera mengambil akar tersebut secepatnya agar mengurangi agar tidak terinfeksi lebih serius.

  1. Patah Tulang

Selain itu, mencabut gigi bagian atas dapat mengakibatkan patah tulang rahang atas. Hal tersebut dapat terjadi apabila gigi melekat dalam sehingga alat pencabutan gigi menekan tulang rahang yang mengakibatkan kerusakan pada tulang rahang. Untuk kalian yang tidak benar-benar merasa sakit, lebih baik untuk tidak mencabut gigi, atau carilah dokter yang benar-benar sudah professional. (*)