Video: Keuntungan Capai Ratusan Juta, Dinas Pertanian Sarankan Petani Tanam Porang

Pati, Mitrapost.com – Gunawan, Kabid Penyuluhan & Informasi Dinas Pertanian Kabupaten Pati sarankan Petani Pati tanam porang. Saat ini, selain gencarkan sosialisasi, pihaknya juga telah berkerjasama dengan 2 pabrik penerima porang mentah.

“Baru sebagian kecil petani kita yang budidaya porang, paling tidak ya hanya 200-300 hektaran, padahal kami sudah mencanangkan dengan dua pabrik besar. Yakni PT Ambiko di Banyuwangi dan PT Asia Prima Konjak di Madiun. Itu masing-masing kuotanya seluas 600 an hektar, jadi dua pabrik ini butuh 1.200 an hektar. Kita baru mencukupi 300,” katanya kepada Mitrapost.com beberapa  hari yang lalu.

Menurutnya minat pasar terhadap porang masih tinggi. Sehingga dalam satu tahun saja harga porang bisa meningkat hingga 100 persen.

Baca Juga :   Menghadapi Musim Kemarau, Penyuluh Pertanian Pati Imbau Petani Tanam Palawija

“Porang itu, satu tahun yang lalu tahun 2019 kita canangkan, ketika kita sudah komitmen dengan pabrik penerima barang, 1 kilonya kemarin 4 ribu. Tapi ternyata pada bulan Januari 2020, harga terendahnya saja sudah menjadi 8 ribu, kalau bulan ini sudah 10 sampai 11 ribu per kilo,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati