oleh

Jelang Idul Adha, Dispertan Kudus Lakukan Pemeriksaan Lanjutan Kesehatan Ternak

Kudus, Mitrapost.com Mendekati hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Dinas Pertanian Kabupaten Kudus lakukan pemeriksaan lebih lanjut di Pasar Ternak Gulang.

Kasi Produksi dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kudus, Sidi Pramono mengatakan selain pemeriksaan kesehatan hewan juga memberikan edukasi baik kepada penjual dan pembeli dalam memilih hewan kurban.

“Tadi saya sarankan kepada panitia masjid, untuk memilih hewan kurban yang sehat,” katanya pada Kamis (23/7/2020).

Pihaknya juga mengingatkan kepada para penjual agar menjual hewan kurban yang sudah cukup umur. “Ada sih tadi yang belum cukup umur, tapi kan kita edukasi kepada pedagang-pedagang jangan menjual yang belum berumur. Tapi ada anggapan beberapa orang bahwa itu sudah berumur, ya monggo lah (terserah) kita sudah menyarankan,” jelasnya.

Baca juga: Pastikan Kesehatan Ternak, 6 Dokter Hewan Disiapkan Menjelang Idul Adha

Seperti diketahui, hewan ternak yang sudah cukup umum dijadikan kurban adalah yang sudah berumur 12-18 bulan untuk kambing atau domba dan 2 bulan untuk kerbau. Selain itu, dari segi fisik hewan memiliki mata yang jernih, bulunya tidak kusam, kakinya simetris, tidak pincang, dan tidak ada penyakit lainnya.

Selama pemeriksaan di lapangan, Sidi menyampaikan hinga hari ini, belum terlalu banyak penambahan jumlah pedangang maupun pembeli. “Tapi ada lah, lumayan ada penambahan,” tegasnya. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed