oleh

Jelang Idul Adha, Penjual Pilih Salonkan Hewan Demi Menarik Pelanggan

Kudus, Mitrapost.com – Untuk menarik pelanggan, penjual hewan berlomba-lomba memperindah hewan peliharaannya.

Buhanudin (27) Pemilik Salon Hewan di Pasar Pon, Kabupaten Kudus, mengungkapkan bahwa penjual merawat tanduk hewannya bak perawatan salon demi menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H.

“Tanduknya ini yang dirawat, karena biasanya pembeli melihat kepalanya. Disesuaikan ukuran tanduknya dan diberi semir sepatu,” jelas warga Klumpit, Kabupaten Kudus tersebut.

Kambing yang mendapatkan perawatan salon akan dipoto‎ng tanduknya untuk disesuaikan ukurannya dan disemir. Sehingga tanduk kambing tersebut kelihatan lebih rapi dan warnanya yang hitam mengkilap menarik perhatian.

Baca juga : Dewan Imbau Warga Pati Tetap Berprotokol Kesehatan saat Idul Adha

Bermodalkan peralatan kikir, gergaji, amplas, dan semir sepatu, lelaki yang sering disapa Udin tersebut mampu membawa pulang uang Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu tiap harinya. “Kalau jelang Idul adha ini banyak kambing yang masuk buat dirawat sekitar 15 ekor sampai 20 ekor,” jelas dia.

Biaya perawatan hewan pun bisa terbilang murah, hanya Rp 20 ribu per ekornya. Tak heran jika banyak pedagang hewan yang memilih mempercantik hewan jualannya. Pasalnya dengan menata hewan semenarik mungkin, pelanggan pun akan melirik.

Salah satunya adalah Abdul Hakim (34), yang memilih menata kambingnya di tempat Burhanudin. “Ya dibawa ke salon begini biar ganteng. Kalau ganteng orang lihat juga mau menawar,” jelas warga Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa kambing yang telah mendapatkan perawatan salon bisa membuat harganya naik Rp 100 ribu- Rp 200 ribu. Meskipun harga jual kambing masih diantara  Rp 3-4 juta per ekornya, Ia mampu menjual sekitar lima ekor kambing dalam sehari.

“Sekarang harganya agak naik jelang Idul Adha ini kisaran Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per ekor,” katanya. (*)

Baca juga :

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed