oleh

Mitos Daun Semanggi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mitrapost.comSemanggi adalah tumbuhan jenis paku air (salviniales) dari marga Marsilea. Tanaman ini sangat mudah ditemui di pematang sawah, di tepi saluran irigasi, dan di pekarangan rumah.

Ciri-ciri daun semanggi biasanya terdiri atas 3 hingga 4 helai daun dalam satu tangkai. Namun, rata-rata daun semanggi yang sering ditemui berjumlah tiga oleh. Perbandingannya adalah 1:10.000 untuk ditemukan.

Karena langkanya daun semanggi berdaun empat inilah banyak orang percaya jika menemukannya maka hidupnya akan dipenuhi dengan keberuntungan.

Mitos apa aja sih dibalik daun semanggi ini?

Jodoh

Ada legenda yang menyebutkan jika seseorang wanita menggantungkan semanggi berdaun empat di depan pintu rumah dan ada pria yang datang atas dasar kemauannya sendiri ke rumah wanita tersebut. Dipercaya pria tersebut adalah jodohnya dan akan menjadi suaminya.

Baca juga: Manfaat Hingga Mitos Infused Water Bagi Kesehatan

Simbol keabadian

Di Irlandia, daun semanggi selain menunjukkan keberuntungan juga melambangkan keabadian. Menurut kepercayaan Celtic (budaya tradisional penduduk Irlandia yang masih menyembah dewa-dewi), daun semanggi dianggap sebagai simbol suci yang melambangkan keabadian.

Daun semanggi digunakan oleh seorang uskup Irlandia, Santo Patrick, digunakan sebagai metode penginjilan terhadap kaum Celtic untuk mengajarkan konsep Trinitas.

Keberuntungan

Tiap helai daun semanggi memiliki arti. Daun pertama melambangkan cinta kasih. Helai kedua melambangkan kesehatan dan panjang umur. Daun ketiga melambangkan kemakmuran hidup, dan daun keempat melambangkan kekayaan yang melimpah.

Daun semanggi selain membawa mitos keberuntungan ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Bahkan di daerah Surabaya daun semanggi dimasak menjadi pecel semanggi.

Baca juga: Solusi Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Apa saja manfaat daun semanggi untuk kesehatan?

Meskipun kandungan gizi pada daun semanggi belum banyak diketahui informasinya, namun daun semanggi banyak digunakan sebagai bahan masakan.

Menurut penelitian Beni Dewi Marlena dari Universitas Airlangga Surabaya menyebutkan, kandungan kimia yang terdapat pada daun semanggi diantaranya adalah saponin dan polifenol.

Mengonsumsi daun semanggi juga mampu meningkatkan kualitas tulang dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Jika dikonsumsi secara teratur daun semanggi dapat meningkatkan kualitas tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Kandungan isoflavon pada daun semanggi juga membantu melancarkan haid. Isoflavon merupakan zat yang mengandung hormon esterogen sehingga mampu menyeimbangkan hormon wanita saat sedang haid.

Semanggi juga mampu mengobati berbagai penyakit seperti pengecilan hati, sakit amandel, infeksi saluran kencing, melancarkan buang air kecil, batuk dan sesak nafas, dan sariawan. (*)

Baca juga; Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Lambung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed