oleh

Bantu Nelayan Kecil di Masa Paceklik, Pemprov Jateng Peroleh Apresiasi DPRD Pati

Pati, Mitrapost. Com – Komisi B Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Pati), Danung Singgihaji mengapresiasi langkah Kementerian Provinsi Jawa Tengah salurkan bantuan kepada para nelayan kecil dimasa paceklik.

Secara umum, bulan Agustus hingga Oktober diprediksi akan terjadi paceklik yang menyebabkan jumlah ikan di pinggiran berkurang. Di bulan-bulan tersebut, frekuensi hujan menurun sedangkan tingkat keasinan air meningkat, sehingga jumlah ikan yang di berada dipinggir pantai berkurang.

Selain masa paceklik, sebelumnya nelayan Pati juga dihadapkan dengan dampak pandemi Covid-19 di sektor ekonomi, sehingga para nelayan kesulitan membeli bahan bakar untuk operasional.

“Untuk nelayan yang terkena dampak pandemi covid-19 di Pati, sudah ada bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupa bahan bakar solar bagi nelayan yang sudah memiliki pas kapal (pas Kecil adalah surat tanda kebangsaan kapal untuk kapal bertonase kurang dari GT 7) terbaru yg masih aktif,” kata Danung Kepada Mitrapost.com, Senin (10/8/2020).

Baca juga: DPRD Kabupaten Pati Gelar Rapat Paripurna HUT Kota Pati ke 697 Tahun

Selain bantuan bahan bakar, Danung mengungkapkan para nelayan juga telah mendapatkan Bansos (bantuan social) berupa BLT (Bantuan langsung tunai) dari Kementerian Kelautan dan perikanan walaupun tidak bisa merata seluruhnya dapat.

“Tapi juga ada yang dapat bantuan dari KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). Nominalnya 600 ribu per bulan, selama 3 bulan sudah cair tapi beberapa. Tidak semua dapat,” terangnya.

Secara lokal, diakui Danung belum ada alokasi anggaran khusus dari Pemkab (pemerintah kabupaten) untuk menghadapi musim paceklik mendatang.

“Sejauh ini selama rapat kerja mitra komisi B, belum ada anggaran Pemkab. Untuk anggaran bantuan Alokasi tersebut,” ungkapnya. (Adv/MA/AZ/SHT)

Baca Juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed