Bantu Nelayan Kecil di Masa Paceklik, Pemprov Jateng Peroleh Apresiasi DPRD Pati

Pati, Mitrapost. Com – Komisi B Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Pati), Danung Singgihaji mengapresiasi langkah Kementerian Provinsi Jawa Tengah salurkan bantuan kepada para nelayan kecil dimasa paceklik.

Secara umum, bulan Agustus hingga Oktober diprediksi akan terjadi paceklik yang menyebabkan jumlah ikan di pinggiran berkurang. Di bulan-bulan tersebut, frekuensi hujan menurun sedangkan tingkat keasinan air meningkat, sehingga jumlah ikan yang di berada dipinggir pantai berkurang.

Selain masa paceklik, sebelumnya nelayan Pati juga dihadapkan dengan dampak pandemi Covid-19 di sektor ekonomi, sehingga para nelayan kesulitan membeli bahan bakar untuk operasional.

“Untuk nelayan yang terkena dampak pandemi covid-19 di Pati, sudah ada bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupa bahan bakar solar bagi nelayan yang sudah memiliki pas kapal (pas Kecil adalah surat tanda kebangsaan kapal untuk kapal bertonase kurang dari GT 7) terbaru yg masih aktif,” kata Danung Kepada Mitrapost.com, Senin (10/8/2020).