oleh

Dewan Pati: Rasio Tes Covid-19 Kabupaten Pati masih di Bawah Standar WHO

Pati, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso, mengungkapkan rasio tes Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Pati masih di bawah standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

“Rasio tes kita (Pati) ini masih jauh daripada standar yang ditetapkan WHO,” ujar Narso kepada Mitrapost.com, Jumat (14/8/2020) kemarin.

Rasio uji spesimen corona atau PCR menurut standar WHO adalah 1 orang per 1.000 penduduk per pekan. Semantara di Kabupaten Pati yang mempunyai penduduk lebih dari 1,2 juta jiwa ini belum mencapai standar itu.

Maka dari itu, Narso mendukung permintaan dana oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pati untuk penanganan Covid-19. Beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan meminta dana sebesar Rp 8 miliar kepada BPKAD.

Narso berharap permintaan pencairan dana ini dapat lebih memasifkan uji PCR. “Semoga dengan adanya ini bisa meningkatkan tes di masyarakat sehingga upaya pencegahan ini dapat maksimal kita lakukan,” kata Narso.

Baca juga : Hasil Swab ASN Pati yang Meninggal Negatif Covid-19

Dana yang diminta Dinas Kesehatan Kabupaten Pati sendiri dari dana penanganan Covid-19 yang berasal dari dana refocusing APBD 2020 sebesar Rp 137 miliar dan dana tak terduga penangangan bencana sebesar Rp 5 miliar.

“Yang dialihkan untuk penanganan Covid-19 itu masih banyak. Penyerapannya kemarin belum maksimal. Kalau Dinkes meminta dana itu mungkin harapannya supaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati tercinta ini menjadi semakin bagus,” kata Narso.

Selain untuk uji PCR, dana ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai dana penyediaan APD bagi tenaga kesehatan di tingkat bawah.

“Baik antisipasi maupun penangangan yang sudah terkena Covid-19. Misalnya penyediaan APD di tingkat bawah hingga Puskesmas maupun bidang desa. Mereka itu ikut rentan terkena Covid-19,” pungkasnya. (Adv/UH/DF/SHT)

Baca juga : 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed