oleh

Belum Semua Pemdes Cairkan Dana Desa, BLT DD Tahap 2 Baru Tersalur ke 61 Desa

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com Penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap dua untuk bulan Agustus, September dan Oktober mulai disalurkan kepada 50.000 keluarga penerima manfaat. Akan tetapi bantuan belum bisa disalurkan sepenuhnya karena sejumlah pemerintah ada yang belum mencairkan dana desanya.

BLT DD tersebut sebelumnya telah disalurkan ke 401 desa se-Kabupaten Pati pada tahap pertama (Mei, Juni, Juli) dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp90 miliar.

“Sesuai Permendes (Peraturan Menteri Desa), BLT awalnya dilaksanakan selama 3 bulan, lalu berkembang dilaksanakan selama 6 bulan. Posisi sekarang ini tahap pertama di Mei, Juni, Juli. Di 3 tahap  besarannya 600 ribu rupiah per KPM (keluarga penerima manfaat),” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati, Sudiyono kepada Mitrapost.com, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga :   RSS Sidokerto Dilockdown, Pemerintah dan Masyarakat Suplai Kebutuhan Makanan

Sudiyono mengungkapkan ada sekitar 50.000 KPM telah menikmati BLT DD selama 3 bulan terakhir. “Total dana yang terserap selama 3 bulan, kurang lebih sudah 90 miliar. Setiap salur 30 miliar dikalikan 3 bulan,” imbuhnya.

Baca juga: Tak Bisa Dapatkan BLT DD, Kelurahan Pati Kidul Nantikan Bantuan APBD

Kemudian, lanjut Sudiyono, bansos BLT DD dilanjutkan ke tahap ke-2 dengan besaran Rp300 ribu perbulannya selama 3 periode yaitu di bulan Agustus, September, dan Oktober 2020.

Di bulan ke 4 atau penyaluran BLT DD tahap kedua yang pertama, diakuinya baru disalurkan ke 61 desa dengan jumlah KPM yang sama.

“Tahap perpanjangan selama tiga bulan, nominalnya 300 ribu per KPM. Sekarang tahap penyaluran yang bulan ke-4. Sekarang ini mulai disalurkan untuk kurang lebih 61 desa. Jumlah KPM-nya hampir sama, 50 ribu,” terang Sudiyono.

Baca Juga :   Inovasi Pemkab Kudus, Gelar Vaksinasi Bersama Penyaluran BLT DD

Sedangkan, BLT DD yang belum disalurkan itu menurut Sudiyono karena ada beberapa desa yang belum mencairkan Dana Desa tahap ketiganya.

“Juga banyak desa yang belum mengajukan pengajuan tahap 3 (dana desanya), tapi sekarang ini sudah kita proses,” jelas Sudiyono.

Seperti diketahui, bansos BLT DD bersumber dari dana desa sehingga jika pemerintah desa belum mencairkan dana desa maka bansos BLT DD secara otomatis tidak bisa dicairkan.  (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Baca Juga :   Dispermades Pati : BLT DD Diprediksi Berlanjut hingga 2021

Redaktur : Ulfa PS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral