oleh

Kunjungi Dua Pabrik Rokok di Temanggung, Ganjar Pastikan Tembakau Petani Terbeli

Temanggung, Mitrapost.com Memastikan tembakau petani dibeli di dua perusahaan rokok besar, Gubernur Jawa Tengah mengunjungi PT Djarum dan PT Gudang Garam, Selasa (25/8/2020).

Di dua pabrik perusahaan rokok tersebut, Ganjar melihat sendiri proses jual beli tembakau dari petani kepada pengusaha.

BPKAD Pati

Di pabrik rokok PT Djarum Temanggung, Ganjar menemukan tidak adanya proses jual beli tembakau. Hal itu disebabkan, lantaran pabrik itu baru dibangun dan belum beroperasi secara penuh.

“Karena ini baru buka, jadi belum beroperasi. Kami baru akan memulai aktivitas untuk membeli tembakau dari petani pada pekan depan,” kata Hoegiyono, Senior Manager PT Djarum Temanggung.

Biasanya, kata Hoegiyono, PT Djarum rutin membeli tembakau ribuan ton dari petani Temanggung dan sekitarnya setiap panen tiba.

Baca juga: Dianggap Menjanjikan, Area Tanam Tembakau di Pati Meningkat

Perwakilan PT Gudang Garam Temanggung, Tjhin Tjong Giong mengatakan, pembelian tembakau dari petani Temanggung, Wonosono, Kendal dan lainnya cukup tinggi.

“Pembelian kami setiap musim dari petani cukup tinggi. Tak hanya dari Temanggung, tapi juga dari daerah lain seperti Wonosobo, Kendal dan lainnya. Biasanya setiap musim panen kami membeli sampai 20.000 ton tembakau dari petani,” ujarnya.

Meski ada sedikit pengurangan pembelian tembakau akibat dampak Covid-19. Akan tetapi, jumlahnya tidak terlalu besar.

“Ya memang ada pengurangan, tapi sedikit. Karena kondisinya saat ini seperti ini. Meski begitu, harga tetap terjamin, karena tembakau itu harganya sesuai kualitasnya,” tegasnya.

Baca juga: Petani Tembakau di Blora Disarankan Jual Hasil Panen ke Pabrik

Mendengar penjelasan dari manajemen dua pabrik rokok tersebut, Ganjar merasa senang dan lega. Menurutnya, kepastian pembelian hasil pertanian sangat penting bagi petani di tengah wabah covid-19.

“Saya terimakasih, perusahaan-perusahaan ini mau membantu. Ini sangat menyemangati petani, mudah-mudahan bisa membantu dan membuat ekonomi petani tembakau bergulir saat musim panen ini,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Ganjar juga berjanji akan memperhatikan komoditas pertanian lainnya, seperti bawang merah.

“Kami juga akan mendorong produk pertanian lain agar laku di pasaran. Bawang merah di Brebes kemarin bagus, karena bisa ekspor dan hasil pertanian yang lain,” tandasnya. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Berita Terkait