Punya Banyak Benefit, Dispertan Pati Sarankan Tanam Kacang Hijau Saat Kemarau

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian Pati menyarankan para petani budidaya kacang hijau saat musim kemarau. Bukan tanpa alasan, menanam kacang hijau dapat memutus hama padi hingga menyuburkan tanah.

“Kacang-kacangan ini kita sarankan untuk memutus mata rantai hama. Dengan kemarau ini, kita beralih menanam palawija selain padi, otomatis memutus hama padi,” kata Gunawan, Kabid Penyuluhan dan Informasi Dinas Pertanian Kabupaten Pati saat ditemui Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

“Juga dengan menanam kacang-kacangan, bintil akarnya bisa menyerap nitrogen ke dalam tanah. Tanah menjadi subur, struktur tanah jadi lebih bagus,” imbuhnya.

Fungsi nitrogen pada tanaman adalah meningkatkan pertumbuhan tanaman, kadar protein dalam tanah, dan meningkatkan produktivitas tanaman penghasil dedaunan seperti sayuran.

Baca Juga :   Harga Daging Ayam Naik dalam Sepekan Terakhir

Baca juga: Dianggap Menjanjikan, Area Tanam Tembakau di Pati Meningkat

Disisi lain, dengan harga Rp11 ribu hingga Rp12 ribu per kilogram, Gunawan menyadari untung dari panen kacang hijau memang tidak sebesar panen padi. Namun dengan menakar beberapa benefit diatas, petani bisa mendapatkan untung yang sama besarnya bila diakumulasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati