oleh

Anggaran Terpotong, Sensus Penduduk Rembang Hanya Berfokus Pendataan Lokasi Saja

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Rembang, Mitrapost.com – Sensus penduduk tahun ini akan berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya. Yakni hanya terfokus pada pendataan lokasi penduduk saja.

Hehardana, Kasi Statistik Sosial BPS Rembang menjelaskan perubahan pemotongan beberapa variabel ini akibat dana yang ada di BPS terpangkas dan teralokasikan untuk penanganan covid.

“Awalnya dana untuk sensus ini sekitar 4 triliun. Namun terpotong 2 koma sekian triliun. Sehingga dana kita masih 1 koma lebih,” ucapnya pada Rabu (26/8/2020).

Minimnya dana ini pada akhirnya berimbas pada pengurangan kelengkapan beberapa variabel yang ada. Yakni BPS hanya terfokus pada keberadaan dan lokasi penduduk saja sebagai variabel dalam sensus. “Fokus Jawa Tengah terutama yang zona 2 tidak melakukan pendataan secara lengkap,” imbuhnya.

Baca Juga :   Kampung Siaga Covid-19, Kapolda Jateng Sambangi Desa Kumendang Rembang

Baca juga :Satu Petugas Sensus Rembang Reaktif Covid-19

Menurut Hehardana ada beberapa variabel yang terpaksa harus dihilangkan dari rencana awal. Variabel tentang pendidikan dan pekerjaan penduduk tidak dicatat dalam sensus mendatang.

Selain itu dalam kegiatan sensus tahun ini, Hehardana juga bertujuan untuk melengkapi serta memastikan kebenaran dan ketepatan dari sensus online. Dimana di Kabupaten Rembang yang mengisi hanya mencapai 7 persen responden.

“Dari data online masih ada variabel tidak pas. Nanti petugas menanyakan kembali,” ungkapnya.

Variabel yang menurut Hehardana menggajal adalah berupa tingkat umur yang tidak sesuai, terutama posisi dalam menduduki hierarki keluarga. “Masih muda kok sudah kepala rumah tangga. Seperti yang nanti kita tanyakan ulang,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Bantu Perekonomian Warga, ASN Rembang Diharuskan Belanja Produk UMKM

Baca juga :

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, difacebook, instagram,dan twitter

Redaktur :Dwifa Okta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral