Anggaran Terpotong, Sensus Penduduk Rembang Hanya Berfokus Pendataan Lokasi Saja

Rembang, Mitrapost.com – Sensus penduduk tahun ini akan berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya. Yakni hanya terfokus pada pendataan lokasi penduduk saja.

Hehardana, Kasi Statistik Sosial BPS Rembang menjelaskan perubahan pemotongan beberapa variabel ini akibat dana yang ada di BPS terpangkas dan teralokasikan untuk penanganan covid.

“Awalnya dana untuk sensus ini sekitar 4 triliun. Namun terpotong 2 koma sekian triliun. Sehingga dana kita masih 1 koma lebih,” ucapnya pada Rabu (26/8/2020).

Minimnya dana ini pada akhirnya berimbas pada pengurangan kelengkapan beberapa  variabel yang ada. Yakni BPS hanya terfokus pada keberadaan dan lokasi penduduk saja sebagai variabel dalam sensus.  “Fokus Jawa Tengah terutama yang zona 2 tidak melakukan pendataan secara lengkap,” imbuhnya.

Baca Juga :   Kampung Siaga Covid-19, Kapolda Jateng Sambangi Desa Kumendang Rembang

Baca juga : Satu Petugas Sensus Rembang Reaktif Covid-19

Menurut Hehardana ada beberapa variabel yang terpaksa harus dihilangkan dari rencana awal. Variabel tentang pendidikan dan pekerjaan penduduk tidak dicatat dalam sensus mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati