oleh

Beberapa Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Melancarkan ASI

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Secara fisiologi ibu yang hamil dan melahirkan dapat memproduksi air susu ibu (ASI). Produksi ASI tersebut guna memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi setelah lahir.

Namun, permasalahan yang sering muncul pada ibu pasca mehirkan adalah menurunnya produksi ASI untuk sang buah hati. Alhasil, bayi di berikan asupan tambahan berupa susu formula.

Masalah ini cukup membuat Ibu resah. Beberapa faktor yang buat rendahnya produksi ASI, diantaranya: kurang istirahat, kurang nutrisi, stress, KB salah, hingga merokok.

Menjawab keresahan itu, Ibu disarankan mengonsumsi makanan yang dapat memperlancar produksi ASI. Beberapa makanan yang dapat memacu produksi ASI berikut ini, melansir Kompas.com.

Baca juga: Rasa Sakit yang Umum Terjadi Ketika Hamil, dan Upaya Mengatasinya

  1. Susu rendah lemak

Melansir laman resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, kalsium termasuk nutrisi yang sangat penting untuk memproduksi ASI dengan lancar. Kekurangan kalsium pada masa menyusi sendiri berisiko lebih besar untuk mengalami pengeroposan tulang karena tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi untuk membuat ASI. Selain kalsium, susu juga mengandung protein, vitamin B, serta vitamin D yang bermanfaat pula untuk produksi ASI. Pilih susu rendah lemak untuk menjaga asupan kalori harian Ibu.

  1. Ikan salmon
Baca Juga :   Kaya Manfaat, Begini Fakta Temulawak

Ikan salmon adalah sumber omega-3 dan kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil dan juga menjaga kesehatan jantungnya.

Baca juga: Tetap Sehat dan Tubuh Terhidrasi dengan Konsumsi Buah Segar Ini

  1. Daging sapi rendah lemak

Daging sapi rendah lemak baik dikonsumsi ibu menyusi untuk meningkatkan kualitas ASI dan mengembalikan energi setelah melahirkan. Daging sapi juga mengandung protein, zat besi, serta vitamin B12 yang sangat penting bagi ibu menyusui.

  1. Kacang-kacangan

Kandungan nutrisi pada kacang-kacangan yang baik untuk produksi ASI adalah protein nabati dan juga zat besi. Dua kandungan ini banyak ditemukan pada kacang hitam dan kacang merah.

Baca juga: Mie Instan Meski Legit di Lidah dan di Kantong, Tapi Tak Ramah Bagi Kesehatan

  1. Daun katuk

Daun katuk dengan nama ilmiah Sauropus androgynous (L.) Merr terbukti mengandung karoten cukup tinggi, serta laktagogum yang berguna untuk meningkatkan atau memperlancar produksi ASI.

  1. Kacang hijau
Baca Juga :   Gejala Baru Covid-19 yang Mematikan, Waspada Happy Hypoxia 

Beragam nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau, seperti asam folat, vitamin B1, kalsium, kalium, dan fosfor dapat bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI.

  1. Kelor

Daun kelor terbukti mengandung berbagai zat gizi, seperti: 20,51 persen protein 19,25 persen fiber 2,63 persen lemak 43,78 persen karbohidrat Selain itu, analisis elemen menunjukkan bahwa kandungan kalsium dan zat besi pada daun katuk juga cukup tinggi, yakni berturut-turut sebesar 2007,67 dan 26,34 mg/100 g daun kering.

Baca juga: Mengatasi Nyeri Betis Karena Terlalu Lama Duduk

Daun kelor juga kaya akan senyawa alami antioksidan, seperti: β-karoten Vitamin C Kalsium Potasium Dengan kandungan nutrisi tersebut, daun kelor dianggap memiliki beragam manfaat berikut: Meningkatkan produksi ASI Mecegah anemia Menurunkan kadar gula darah Mengatasi rematik Mengatasi pegal linu, encok, dan pereda nyeri.

  1. Bayam merah

Bayam merah ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti: Protein Lemak Karbohidrat Kalsium Fosfot Besi Vitamin A Vitamin B Vitamin C Air. Selain itu, bayam merah juga mengandung banyak serat, serta karotein, klorofil, dan saponon. Oleh karena kandungannya tersebut, bayam merah dianggap memiliki sejumah manfaat, termasuk mengobati anemia dan memperlancar ASI.

Baca Juga :   Rasa Asam Teh Herbal Rosela dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Baca juga: Rekomendasi Pekerjaan Sampingan yang Dapat Kamu Lakukan untuk Tambah Penghasilan

  1. Kacang almond

Kacang almond dapat menjadi makanan pelancar ASI karena mengandung omega-3 dan vitamin E yang dapat meningkatkan produksi hormon yang memproduksi ASI. Vitamin E juga dapat mengobati rasa gatal pada stretch mark setelah persalinan.

  1. Asparagus

Selain berserat tinggi, asparagus juga mengandung beragam nutrisi lain yang dapat memicu produksi hormon untuk membantu pembentukan ASI pada ibu menyusui. Tak hanya itu, asparagus dapat memenuhi nutrisi vitamin A dan vitamin K yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI

Baca juga:

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral