Minat Bertani Pemuda Pati Menurun, Dispertan Membumikan Alat Pertanian Modern

Foto: Ilustrasi lahan kacang tanah

Pati, Mitrapost.com Minat pemuda Pati di bidang pertanian menurun, padahal luasan sawah di Pati mencapai kurang lebih 56.000 hektar dan tidak banyak mengalami penurunan.

Merespon kondisi tersebut, Dinas Pertanian Pati mencoba membumikan peralatan tani modern untuk mempermudah kinerja para pemuda agar terjun ke dunia pertanian.

“Makanya kita cenderung ke mekanisasi alat berat pengolah tanah. Traktor, jonder, untuk mengantisipasi kekurangan petani kita. Mengingat pemuda kita terjun ke lapangan jarang. Suruh nyangkul ya nggak mungkin,” terang Gunawan, Kabid Penyuluhan dan Informasi Dinas Pertanian Kabupaten Pati kepada Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

Sebagai langkah konkret beberapa tahun belakangan, Dispertan Pati melakukan koordinasi dengan provinsi membahas sosialisasi penggunaan alat pertanian modern.

Baca Juga :   Polres Pati Bekuk 6 Pengedar Narkoba, Pasokan dari Jepara

Baca juga: Ganjar Ajak Petani Padi Manfaatkan Pupuk Organik untuk Hasil Panen Lebih Baik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati