oleh

Rencana Didistribusi Tahun 2021, Data Penerima Vaksin Covid-19 Masih Disiapkan

Foto: Ilustrasi vaksin covid-19

Jakarta, Mitrapost.com BPJS Kesehatan telah mempersiapkan data peserta yang akan menjadi sasaran penerima vaksin Covid-19. Vaksin tersebut akan didistribusikan kepada peserta

Kesehatan Nasional atau pemegang Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Pada prinsipnya, BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN-KIS siap menjalankan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf Kamis (3/9/2020).

Iqbal menjelaskan, hingga 31 Juli 2020 peserta program JKN mencapai 221.835.244 orang. Dari jumlah itu, penerima bantuan iuran (PBI) yang kriterianya dianggap layak atau merupakan peserta golongan miskin mencapai 59,2 persen.

Sedangkan peserta PBI yang mendapat dukungan dari APBN sebanyak 96.704.339 orang, serta yang bantuannya berasal dari APBD mencapai 34.663.772 orang.

Baca juga: Sudah 30 Persen, Vaksin Merah Putih Sedang Proses Pembuatan Benih

Dalam pemberian vaksin Covid-19, pemrintah menyasar sebanyak 93 juta orang. Sehingga, BPJS Kesehatan akan melakukan kurasi untuk menentukan peserta yang berhak mendapat vaksin gratis tersebut.

Iqbal menyebut, kriteria penerima vaksin gratis ini masih menunggu arahan dari Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir.

“Kalau data peserta, BPJS Kesehatan sudah ada, ready (siap) datanya. Semua data transaksi pelayanan kesehatan program JKN-KIS ada di BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Sebelumnya, Erick Thohir menyatakan pemerintah tengah menyiapkan program bantuan vaksin corona bagi 93 juta orang yang ada di daftar kepesertaan BPJS Kesehatan.

Kendati begitu, Erick belum bisa memberikan rincian lebih lanjut mengenai mekanisme dan jadwal pemberian bantuan vaksin kepada masyarakat yang menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Sejauh ini, ia menekankan bantuan ini memang perlu diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memerangi pandemi virus corona atau Covid-19 di tengah masyarakat.

“Vaksinasi akan terjadi dalam waktu yang tidak lama lagi,” tegas Erick. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul ‘BPJS Kesehatan Siapkan Data Peserta Penerima Vaksin Corona

Komentar

News Feed