oleh

5 Bahan Ini Bisa Digunakan Sebagai Obat Sariawan Alami

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Setiap orang bisa terserang sariawan. Pada umumnya sariawan disebabkan oleh jamur Candida albicans yang bersarang pada lapisan mulut. selain itu, sariawan juga dapat dipicu oleh kurangnya asam folat, vitamin B12, atau juga adanya infeksi bakteri. Meskipun sariawan bukanlah suatu hal yang membahayakan, tapi tetap saja keberadaannya membuatmu merasa tidak nyaman.

Meski terlihat sepele, sariawan bisa membuat tidak nyaman apalagi ketika makan. Seakan tak bisa mencecap kelezatan hidangan yang tengah disantap.

Baca juga: Telang, Tumbuhan Liar menjadi Minuman Kaya Manfaat

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa obat alami dapat digunakan untuk menghalau sariawan.

  1. Air garam

Ternyata, selain fungsinya sebagai bumbu masakan, air garam juga bisa berperan sebagai antiseptik. Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air putih, lalu gunakanlah larutan tersebut sebagai obat kumur. Kamu bisa melakukannya berulang kali sesuai dengan kebutuhan, sehingga sariawan akan lebih mudah mengering.

  1. Madu
Baca Juga :   Manfaat dan Cara Membuat Susu Kurma

Kandungan antibakteri dan antiradang yang dimiliki oleh madu dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, memperkecil ukuran sariawan, menyembuhkan peradangan dan juga mencegah adanya infeksi di dalam mulut. Oleh karena itu madu menjadi obat yang mujarab untuk menyembuhkan sariawan. Kamu juga bisa mengonsumsinya sekaligus menjadikannya sebagai obat oles pada sariawan.

Baca juga: Keutamaan dan Manfaat Kebiasaan Membaca Doa Setelah Adzan

  1. Lidah buaya

Lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada mulut saat sariawan. Memiliki sifat inflamasi dan penenang, lidah buaya dapat menutup luka sariawan sekaligus meringankan rasa nyeri yang berlebih.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Kamu cukup mengoleskan daging lidah buaya pada sariawan dan membiarkannya selama kurang lebih dua puluh menit. Kemudian, kamu bisa membilasnya menggunakan air hangat. Lakukan cara ini hingga beberapa kali dalam sehari untuk obati sariawanmu secara tuntas.

Baca Juga :   Kenali Penyebab Sariawan di Gusi dan Cara Mencegahnya

Baca juga: Petik Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

  1. Yogurt

Bukan hanya enak untuk dinikmati, ternyata yogurt juga dapat digunakan sebagai obat sariawan. Kandungan bakteri baik yang terdapat pada yogurt dapat membantu mengembalikan kesimbangan bakteri jahat dan bakteri baik dalam mulut. Namun, ingatlah untuk memilih yogurt yang tidak memiliki tambahan pemanis, ya! Karena kandungan gula ternyata dapat memudahkan tumbuhnya jamur pada mulut.

  1. Lemon

Perasan lemon ternyata dipercaya memiliki kandungan antijamur dan antiseptik yang dapat melawan jamur penyebab sariawan. Memiliki kadar vitamin C yang tinggi menjadikan lemon sebagai salah satu obat yang lebih efektif untuk memulihkan luka sariawan. Cara penggunaannya cukup simpel. Kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalam air hangat, lalu menggunakannya sebagai obat kumur. Atau, jika kamu memang tahan terhadap sedikit rasa perih, kamu juga bisa langsung mengoleskan lemon ke area sariawan.

Baca Juga :   Sesuai Protokol Kesehatan, Berikut Tata Cara Salat Idul Adha

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral