5 Bahan Ini Bisa Digunakan Sebagai Obat Sariawan Alami

Mitrapost.com – Setiap orang bisa terserang sariawan. Pada umumnya sariawan disebabkan oleh jamur Candida albicans yang bersarang pada lapisan mulut. selain itu, sariawan juga dapat dipicu oleh kurangnya asam folat, vitamin B12, atau juga adanya infeksi bakteri. Meskipun sariawan bukanlah suatu hal yang membahayakan, tapi tetap saja keberadaannya membuatmu merasa tidak nyaman.

Meski terlihat sepele, sariawan bisa membuat tidak nyaman apalagi ketika makan. Seakan tak bisa mencecap kelezatan hidangan yang tengah disantap.

Baca juga: Telang, Tumbuhan Liar menjadi Minuman Kaya Manfaat

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa obat alami dapat digunakan untuk menghalau sariawan.

  1. Air garam

Ternyata, selain fungsinya sebagai bumbu masakan, air garam juga bisa berperan sebagai antiseptik. Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air putih, lalu gunakanlah larutan tersebut sebagai obat kumur. Kamu bisa melakukannya berulang kali sesuai dengan kebutuhan, sehingga sariawan akan lebih mudah mengering.

  1. Madu
Baca Juga :   Manfaat dan Cara Membuat Susu Kurma

Kandungan antibakteri dan antiradang yang dimiliki oleh madu dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, memperkecil ukuran sariawan, menyembuhkan peradangan dan juga mencegah adanya infeksi di dalam mulut. Oleh karena itu madu menjadi obat yang mujarab untuk menyembuhkan sariawan. Kamu juga bisa mengonsumsinya sekaligus menjadikannya sebagai obat oles pada sariawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati