Risiko Penularan Covid-19 di Pati Tinggi, Tes Swab Masih Jauh Standar WHO

Pati, Mitrapost.com Kabupaten Pati saat ini memiliki risiko penularan virus corona yang tinggi. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menilai hal ini terjadi karena tes swab yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kabupaten Pati masih jauh dibandingkan dengan standar yang ditetapkan Lembaga Kesehatan Dunia atau WHO.

Sejak pertama kali virus corona masuk di Kabupaten Pati hingga akhir bulan Agustus lalu, GTTP Covid-19 Kabupaten Pati baru melakukan tes swab sebanyak 3,5 ribu tes swab.

“(Tes Swab) bulan Agustus sebanyak 1.138. Kalau seluruhnya 3.595 yang kita lakukan dari Maret hingga Agustus. Juni sampai Agustus yang banyak,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Edy Siswanto kepada Mitrapost.com, pekan lalu.

Baca Juga :   Dewan Pati Sebut Satgas Jogo Tonggo Sebagai Bentuk Gotong Royong Antisipasi Covid-19

Padahal WHO sendiri menetapkan standar minimal 1 tes swab per seribu penduduk setiap pekannya. Apabila standar ini dilakukan mestinya Kabupaten Pati dapat mengendalikan penyebaran virus corona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati