Dewan Pati Berharap Libatkan Organisasi Keagamaan di Program Sertifikasi Ulama Kemenag

Pati, Mitrapost.com – Kementerian Agama berencana akan selenggarakan program sertifikasi penceramah. Anggota Komisi D DPRD Pati, Muntamah berharap program ini tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

Ia beranggapan bahwa label ulama masyarakat lebih  pantas melabeli ulama daripada pemerintah.

“Yang  namanya ulama kan status penghargaan dari masyarakat. Maka  menurut saya sertifikasi baik tapi ini tidak kemudian mengabaikan potensi polemik dan spekulasi negatif di masyarakat,” kata Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu, Kamis (17/9/2020).

“Nanti yang tidak punya sertifikat  harus tetap bisa berdakwah, ada hal yang menjadi kebijakan masyarakat, tidak kemudian sertifikasi ini menjadi syarat dakwah,” imbuhnya.

Baca juga : Kemenag Pati Prediksi Bulan Oktober Mendatang Sudah Bisa Umroh

Baca Juga :   Cegah Corona dengan Sterilisasi Ruangan, Dewan Pati: Perlu Ditiru

Meski demikian, ia mengapresiasi trobosan Kemenag sebagai langkah menyediakan dai berkualitas dan non radikal.

“Sertifikasi tujuannya memang sangat baik. Untuk meningkatkan kapasitas keilmuan dai, juga supaya standar kompetensi diketahui. Dalam arti keilmuan islam dan wawasan kebangsaannya jelas,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati