oleh

Bulan Depan Diprediksi Sudah Memasuki Musim Tanam Pertama

Pati, Mitrapost.com – Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Muchtar Effendi mengungkapkan, Kabupaten Pati akan menyongsong musim tanam pertama (MT-1). Secara spesifik MT 2019/2020 diprediksi akan dimulai pada bulan Oktober 2020.

Effendi mengatakan, para petani akan memulai MT 1 setelah tanaman komoditas yang ditanam pada musim tanam ke-3 dipanen.

“Ini sudah musim tanam ke 3. Bulan depan MT 1, tinggal nunggu panen komoditas yang sudah jalan,” katanya kepada Mitrapost.com saat dihubungi beberapa waktu yang lalu.

Tambahnya, di musim kemarau tahun ini tak se-ekstrim di tahun 2019. Pasalnya hujan masih sering turun dan waduk Kedung Ombo juga masih ada air yang cukup memungkinkan jika digunakan untuk menanam.

Baca juga : Dispertan Pati : Harga Komoditas Pangan di Pasar Perlahan Stabil

“Harapannya kita bisa benar-benar memasuki musim tanam 1 atau  MT 1.  Sebab Kedung Ombo sudah glontorkan air, apalagi sudah ada hujan kemarin. (di Pati) Sebagian besar tanam padi,” terang Fendi.

Dispertan Pati mengimbau kepada kelompok tani untuk persiapkan lahan, benih berkualitas dan alat pertanian.

Meski dalam situasi pandemi, diakui Effendi sektor pertanian masih bisa berjalan sehingga ketersediaan bahan kebutuhan pokok masih cukup untuk satu tahun ke depan.

“Kalau secara umum pertanian tidak ada dampak baik di budidaya maupun produksi. Karena produk pertanian, holti, dan lain-lain  juga berproduksi. Aktifitas jalan,” ucapnya. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed