Bantuan Dinilai Tak Tepat Sasaran, Dewan: Perlunya Verifikasi Data Oleh Dinas Terkait

Pati, Mitrapost.com – Di masa pandemi virus corona atau COVID-19, salah satu kebijakan yang dapat menolong masyarakat adalah bantuan sosial (Bansos). Namun, sayangnya bantuan yang dapat langsung dirasakan masyarakat ini pembagiannya tidak merata dan cenderung tak tepat sasaran.

Keputusan pemerintah untuk menerapkan sistem pembatasan sosial berskala besar (PSBB), work from home, dan stay at home membuat gerak masyarakat semakin sulit. Aktivitas ekonomi berhenti. Mereka yang terpaksa diberhentikan dan kehilangan mata pencaharian akibat kebijakan ini, justru tak tersentuh program jaring pengaman sosial yang anggarannya mencapai Rp110 triliun.

Baca juga: Dewan Pati Tak Bosan Ajak Semua Pihak Taat Protokol Kesehatan

Menanggapi hal ini, salah satu anggota DPRD Kabupaten Pati Noto Subiyanto mengungkapkan banyak faktor yang menyebabkan bantuan pemerintah tak tepat sasaran, salah satunya adalah data kependudukan yang tidak diperbarui.

Baca Juga :   Petani Pati Enggan Tanam Padi Organik, Kampanye Pangan Sehat Perlu Digalakkan

“Perlu adanya pendampingan dari dinas terkait maupun dari pemerintah desa dalam memverifikasi data,” ujar salah satu dewan Fraksi PDI Perjuangan, Selasa (22/9/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati