oleh

Pasca Banjir Bandang di Sukabumi, Sebanyak 971 Jiwa dan 6 Desa yang Terdampak

Sukabumi, Mitrapost.comPasca banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah di Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9/2020) sekitar pukul 17.00 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Cicurug, Danik Saputra Sudaya mengatakan, berdasarkan data sementara hingga saat ini terdapat sebanyak 971 jiwa terdampak banjir bandang.

“Sebanyak 971 jiwa itu dari 319 KK di enam desa yang terkena dampak banjir bandang,” kata Danik pada  Selasa (22/9/2020).

Enam desa yang terdampak itu yakni Desa Mekarsari, Cisaat, Pasawahan, Cicurug, Nyangkowek dan Bangbayang.

“Untuk sementara di kampung Lio RT 2/5 Desa Mekarsari sebanyak 56 rumah warga terdampak, 13 di antaranya rusak berat, sisanya rusak ringan dan sedang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani menyebut, sampai saat ini terdapat tiga orang warga yang dilaporkan hilang saat kejadian karena hanyut terbawa arus.

“Terdapat tiga orang yang terbawa arus, yaitu A (25), J (60) asal Kampung Cibuntu, dang seorang lainnya K (60) berasal dari Kampung Aspol, Kelurahan Cicurug,” jelas Anita.

Baca juga : Antisipasi Banjir, Dewan Pati Upayakan Pelebaran Gorong-gorong di Depan Pasar Sukolilo

Menurut Anita, hingga saat ini petugas gabungan telah menemukan dua orang korban yang hanyut terbawa arus dan kini telah dibawa ke Rumah Sakit Sekarwangi untuk diidentifikasi.

Menurut kesaksian warga yang terdampak, Basirudin (56) menceritakan detik-detik terjadinya banjir bandang.

“Saya lagi di garasi perbaiki mobil. Tiba-tiba mendengar suara benturan keras yang diikuti air berlumpur,” kata Basirudin.

Setelah mendengar suara benturan keras, kata Basirudin, satu mobil yang di garasi terbawa banjir bandang setinggi 2 meter, mobil sempat menghantam pagar besi.

“Melihat kejadian itu saya langsung berusaha menyelamatkan diri mencari tempat aman,” terangnya.

Sementara warga lainnya, Anggi Rahmat (30) menuturkan, selain banyak rumah terendam dan hanyut juga terdapat sejumlah mobil dan motor milik warga yang hanyut.

“Juga ada 4 warga terbawa hanyut, kalau kendaraan ada 6 mobil,” terang Anggi. (FT)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul “Kondisi Terkini Pascabanjir Bandang di Sukabumi hingga Kesaksian Warga Sempat Dengar Suara Benturan.”

Komentar

Berita Terkait