Solusi Kerugian Gagal Panen, Petani Diharapkan Ikut Asuransi

Pati, Mitrapost.com – Usaha di sektor pertanian khususnya usaha tani padi dihadapkan pada resiko ketidakpastian yang cukup tinggi, antara lain kegagalan panen yang disebabkan perubahan iklim seperti banjir, kekeringan, serangan hama dan penyakit/ Organisme Penggangu Tumbuhan atau  OPT yang menjadi sebab kerugian usaha petani.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, pemerintah meluncurkan program Asuransi Usaha Tani Padi yang disingkat dengan AUTP. Adanya program ini diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap resiko ketidakpastian dengan menjamin petani mendapatkan modal kerja untuk berusaha tani dari klaim asuransi.

Baca juga: Ibadah Umrah Dibuka, Dewan Ingatkan Prokes

Dengan adanya program asuransi bagi petani mendapat sambutan baik dari salah satu anggota DPRD Kabupaten Pati, Noto Subiyanto. Ia menilai asuransi tersebut untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi akibat gagal panen.

Baca Juga :   Swalayan Menjamur di Pati, Dewan: Penting Penuhi Izin Usaha

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu juga mengingatkan akan pentingnya sosialisasi ke masyarakat agar program tersebut dapat diketahui dan dimanfaatkan para petani di desa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati