Pemerintah Segera Ganti Metode Rapid Test ke Rapid Swab

Jakarta, Mitrapost.comJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan akan mengganti metode rapid test dengan rapid swab.

Hal itu dilakukan dalam upaya pemerintah untuk mendapatkan metode penyaringan alternatif yang lebih baik dan akurat dalam menekan penyebaran virus corona.

“Kita sedang mengusahakan metode screening alternatif yang lebih baik dan lebih akurat yaitu salah satunya menggunakan rapid swab dengan menggunakan antigen,” kata Wiku, dikutip dalam keterangan pers di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (25/9/2020).

Selama ini, metode rapid test dianggap kurang akurat untuk mendeteksi infeksi virus corona pada seseorang. Metode ini dilakukan dengan pengambilan sampel darah yang hasilnya bisa langsung didapatkan selang beberapa jam.

Baca juga : 9 Calon Vaksin Covid-19 yang akan Diuji Klinis di Indonesia

Sedangkan rapid swab dilakukan dengan cara tes usap saja. Dan untuk penggunaan rapid test inipun sudah dilarang oleh WHO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati