Raperda TJSLP : Perusahaan di Pati Sisihkan 1% Keuntungan untuk Masyarakat dan Lingkungan, Cukupkah?

Pati, Mitrapost.com – Dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) disebutkan perusahaan hanya diwajibkan memberikan 1 persen dari keuntungannya untuk lingkungan dan masyarakat.

Pemberlakuan kewajiban yang hanya satu persen ini masih sedikit dibandingkan dengan daerah lainnya, Kota Makassar contohnya. Kota di Pulau Sulawesi ini mewajibkan perusahaan memberikan 2,5 persen dari keuntungan.

Selain masih kalah dengan daerah lain, kewajiban pemberian keuntungan satu persen ini dinilai masih kurang. Karena dana ini nantinya akan dibagi untuk lingkungan dan masyarakat setempat.

“Lah kurang lah kalau cuman satu persen. Kan dibagi untuk penangangan limbah dan masyarakat setempat,” ujar salah satu warga Kabupaten Pati, Abdullah, kepada Mitrapost.com.

Baca Juga :   Dewan: ‘Jateng di Rumah Saja’ Hanya Kurangi Risiko

Baca juga : Raperda Tanggung Jawab Perusahaan 3 Tahun Mangkrak, Dewan Pati: Ini Harus Gol

Menjawab kritikan ini, Ketua Badan Pembentukkan Peraturan Daerah (Bepemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Suwarno, mengungkapkan Raperda ini masih dalam tahapan penggodokan dan ada kemungkinan untuk merevisi pasal maupun menambahi pasal yang diperlukan. Salah satunya aturan kewajiban pemberian satu persen keuntungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati