Hari Batik Nasional, Dewan Pati: Jaga Batik Indonesia dari Gempuran Impor dan Pandemi!

Pati, Mitrapost.com Di momen Hari Batik Nasional ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengajak pemerintah maupun masyarakat untuk menjaga Batik Indonesia dari gempuran batik printing luar negeri.

Hari Batik Nasional merupakan peringatan di mana Batik Indonesia ditetapkan sebagai warisan budaya nonbendawi oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Anggota DPRD Kabupaten Pati Narso meminta masyarakat tidak hanya bangga atas pencapaian ini. Ia mengajak masyarakat untuk mempertahankan warisan ini, serta mengembangkan agar mempunyai nilai ekonomis yang lebih.

“Kita tidak cukup akan kebanggan terhadap batik ini yang diakui internasional. Tetapi ada potensi yang terpendam di dalam batik. Ada potensi ekonomis juga disamping sebagai warisan budaya,” ujar Narso kepada Mitrapost.com, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga :   Dewan Pati Menilai Sistem Zonasi Masih Belum Maksimal

Baca juga: 2 Oktober, Batik Ditetapkan Warisan Budaya oleh UNESCO

Selain itu, ia meminta permasalahan-permasalahan batik dapat segera dicarikan solusi. Salah satu permasalahan itu adalah pengrajin batik yang pendapatannya semakin menurun di saat pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati