Dewan Pati Usulkan Pemkab Gratiskan Swab Test Bagi Warga Tak Mampu

Pati, Mitrapost.com Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Muntammah berharap agar swab test digratiskan untuk masyarakat kurang mampu.

Muntammah menilai penetapan tarif maksimal swab test mandiri sebesar Rp900 ribu belum mampu dijangkau oelh masyarakat kurang mampu.

Swab test untuk masyarakat seharusnya gratis,” ujar Muntammah, politisi fraksi PKB itu.

Sementara bagi masyarakat golongan mampu, pihaknya mengimbau agar mempunyai kesadaran untuk melakukan tes swab mandiri.

“Hanya pada golongan tertentu saja seperti pengusaha, untuk persyaratan  perjalanan  saja yang bisa di-tarif. Itupun untuk pekerja sebaiknya gratis,” jelasnya.

Baca juga: BPKP Usulkan Tarif Swab Test Rp 797 untuk Jalur Mandiri

Sebelumnya Kemenkes telah mengeluarkan surat edaran tentang batas biaya maksimal tes PCR virus Corona. Dalam surat edaran tersebut, batas biaya maksimal tes PCR mandiri adalah Rp900 ribu.

Baca Juga :   Dewan Pati : Saat Ini Pemerintah Sedang Menyiapkan New Normal

Setelah terbitnya peraturan ini, Muntammah berharap rapid test dan swab test massal masih digalakkan di kabupaten. Pasalnya kesadaran masyarakat untuk swab test mandiri masih rendah lantaran turunnya harga swab test tidak signifikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati