oleh

Libur Panjang, Balkesmas Gelar Rapid Test Acak di Terminal Kembang Joyo Pati

Pati, Mitrapost.com – Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Kabupaten Pati lakukan random Rapid Test di terminal Kembang Joyo Pati, hari ini, Rabu (28/10/2020). Agenda ini sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur Jawa Tengah dalam rangka menghadapi libur panjang sebagai antisipasi dan deteksi dini Covid-19 di Jawa Tengah.

Rapid test juga dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan orang-orang yang terpapar Covid-19 namun belum menjalani rapid test.

Baca juga: RMI Roadshow Sosialisasikan Poskestren dan New Normal di Pesantren

“Balkesmas wilayah kabupaten Pati UPT nya dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah kemarin diberi tugas terkait dengan libur panjang ini kita harus antisipasi terkait penyebaran covid-19 di wilayah kerja,”  kata Purwati, Kepala Seksi Pelayanan Balkesmas Wilayah Kabupaten Pati kepada Mitrapost.com, Rabu (28/10/2020).

Selain Balkesmas, random rapid test juga melibatkan pihak Dinas Perhubungan, Satlantas, dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati, menyasar para penumpang bis yang hendak keluar dan masuk terminal Kembang Joyo Pati.

Bac juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pegawai dan Warga Binaan Menjalani Rapid Test

Balkesmas menargetkan melakukan tes 10% dari keseluruhan penumpang dalam sekali kegiatan. Dan dari tes tersebut, Purwati menyatakan 2 orang reaktif. Satu orang dari Kabupaten Pati dan satu di antaranya diketahui Warga Kabupaten Rembang.

“Target kami adalah 10% para penumpang di terminal. Ada reaktif 2 nanti akan dilakukan swab. Yang 1 dari Pati yang 1 dari Rembang, cuma dia tidak bawa KTP dan Identitas. Kedua orang tadi diedukasi dan dimotivasi untuk isolasi mandiri, selanjutnya untuk pemeriksaan PCR kita rujuk ke Dinas Kesehatan Kabupaten sesuai domisili masing-masing,” terangnya.

Purwati mengatakan, Agenda random Rapid Test di terminal Kembang Joyo Pati ini akan dilakukan hingga Minggu (1/11/2020) bertepatan dengan libur panjang di Kabupaten Pati.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait