Mengalir Hingga Pemukiman, Warga Keluhkan Limbah RS KSH

Pati, Mitrapost.com – Warga RT 004 / RW 006 Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo mengeluhkan limbah cairan yang diduga berasal dari  instalasi pengolahan air limbah (IPAL) rumah sakit Keluarga Sehat (RS KSH). Pasalnya, limbah tersebut meluber menggenangi tanah warga hingga mencemari sumber mata air di sekitar lokasi.

Menurut salah seorang warga setempat, Suparno mengungkap kejadian ini sudah berlangsung cukup lama. Wargapun sudah sering menyampaikan keluhan ke pihak rumah sakit namun tidak ada tanggapan.

Baca juga: Dinkes Pati Jawab Isu Rumah Sakit Covidkan Jenazah Pasien

Selain air limbah, warga juga megeluhkan soal polusi asap dari hasil pembakaran sampah medis yang berasal dari incinerator milik RS KSH.

Baca Juga :   Dispertan Pati Optimalkan Lahan Perhutani untuk Budidaya Porang

“Masalah ini sudah berlangsung lama sekali, sudah ada 12 tahun lebih. Warga sudah sering komplain tapi tidak ada tindakan dari rumah sakit untuk menanggapi keluhan kami,” kata Suparno yang juga Ketua RT wilayah setempat.

Suparno menambahkan, karena takut terkena dampak dari limbah itu, dirinya terpaksa harus mengambil air dari tempat lain karena air di sumurnya tidak lagi bisa digunakan apalagi untuk dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati