Dewan Berharap Ada Keseragaman Pembinaan antara Perbankan dan Koperasi

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi B, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso berharap ada keseragaman pembinaan antara perbankan dan koperasi simpan pinjam.

Antara perbankan dan koperasi simpan pinjam dalam pergerakannya memang terlihat sama, namun secara prinsip kedua hal tersebut sangat berbeda.

Baca juga: Pupuk Langka, Dewan Pati Sebut Ada Oknum Nakal

Bank pada prinsipnya hanya mengelola keuangan, meminjamkan, dan mencari keuntungan. Sedangkan koperasi keuangan beorientasi  mengolah usaha, melakukan simpan pinjam dan memiliki tujuan menyejahterakan rakyat.

Secara pembinaan, Narso menyebutkan bila bank dibina oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Koperasi pembinaannya dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM.

Baca juga: TKI Asal Pati Dianiaya Majikan di Singapura, Dewan Pati: Harus Ada Evaluasi untuk PJTKI

Baca Juga :   Narso Meminta Perusahaan Berikan THR Karyawan Secara Penuh Tahun Ini

“Ini yang perlu diperhatikan bahwa pembinaan untuk lembaga keuangan bank dan non bank tertentu melalui OJK sedang koperasi melalui dinas koperasi. Memang ada di level tertentu koperasi besar pembinaannya lewat OJK. Tapi jika koperasi menengah dan kecil itu cukup dengan Dinas Koperasi,” katanya, Jumat (6/11/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati