Kurangi Risiko Dampak Banjir, BPBD Inovasi Alat Deteksi Ekonomis

Pati, Mitrapost.com – Sambut musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati berinovasi membuat Early Warning Sistem (EWS) alat pendeteksi banjir ekonomis.

Hal ini seiring dengan imbauan BMKG terkait perkiraan wilayah Indonesia akan mendapatkan hujan dengan kategori menengah tinggi pada Oktober hingga Desember mendatang.

Baca juga: BPBD Rembang Prediksi Kekeringan Berlangsung Hingga Desember

Di Kabupaten Pati sendiri terdapat desa-desa yang menjadi langganan terkena banjir.

“Ini (EWS) adalah buatan lokal untuk daerah yang sering tergenang banjir. Sistem kerjanya, alat kita taruh di sungai dekat pemukiman warga, jika terdeteksi air naik, nanti ada peringatan dari alat. Setelah terdengar bunyi peringatan, para warga bisa bersiap untuk mengamankan harta benda dan menyelamatkan orang -orang yang rentan,” kata Hermain, Kasi Pencegahan BPBD Kabupaten Pati, Hermain kepada Mitrapost.com, Sabtu (7/11/2020).

Baca Juga :   Banyak Bencana Alam, DPRD Jateng Imbau Pemda Kuatkan Logistik Bantuan

Alat gagasan BPBD ini diklaim mudah dibuat dan hanya membutuhkan biaya kurang dari Rp1 juta yang lebih murah dari EWS buatan pabrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati