Stok Darah PMI Pati Menipis, Hanya Cukupi Kebutuhan Hingga Besok

Pati, Mitrapost.com Humas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati, Syafaati, mengungkapkan stok darah di lembaganya saat ini menipis.

“Untuk stok darah hingga hari ini (golongan darah) A (sebanyak) 13 kantong, B 19, O 18 dan AB ada 20,” ujar Syafaati saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Kamis (19/11/2020) siang.

Bahkan, lanjutnya, stok yang ada ini hanya mencukupi kebutuhan selama dua hari atau hari ini sampai besok.

“Kebutuhan darah rata-rata 30 (kantong per hari) sehingga untuk kebutuhan darah stok yang ada ini dapat mencukupi hari ini sampai besok pagi,” bebernya.

Stok darah yang menipis ini karena jumlah pendonor yang mengalami penurunan selama pandemi Covid-19. Berdasarkan data jumlah pendonor menyamai penurunan hingga 70 persen dibandingkan dengan tidak adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Dewan Pati Minta Penyederhanaan Regulasi Kepengurusan BPJS PBI

Baca juga: Stok Darah Menipis, Komunitas MIK Semar Gelar Donor Darah

Para pendonor ini khawatir tertular penyakit yang disebabkan virus corona baru ini apabila mendonorkan darah. Padahal virus corona tidak dapat menyebar melalui plasma darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati