Badan Geologi Imbau Waspadai Tanah Ambles di Sepanjang Pantura Jawa Tengah

Semarang, Mitrapost.com – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengimbau warga Jawa Tengah di wilayah jalur pantura waspada fenomena tanah ambles.

Hal tersebut mengaca pada kajian yang dilakukan sejak 2010 dimana terjadi penurunan tanan di wilayah pantai utara Jawa Tengah.

” Seperti Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, dan Kabupaten Demak dengan luasan serta intensitas yang berbeda,” kata Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Kementerian ESDM, Andiani, Selasa (1/12/2020).

Pada kajian tersebut, lanjut Andiani, bencana geologi berupa penurunan tanah hingga mencapai lebih dari 10 sentimeter per tahun itu mengakibatkan hilangnya lahan persawahan, tambak, permukiman, serta kegiatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :   Jalan Pantura Pati-Juwana Kembali Alami Kemacetan Parah

Baca juga: Memasuki Musim Penghujan, Warga Diimbau Waspada Potensi Bencana

Adapun penyebab dan analisis kondisi penurunan tanah di pantura Jateng ini beragam, sehingga upaya penanggulangannya juga berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati