oleh

Rekapitulasi Suara Pilkada Rembang, Saksi Paslon 01 Dapati Sejumlah Kejanggalan

Rembang, Mitrapost.com – Tim saksi pasangan calon nomor urut 01 menemukan sejumlah kejanggalan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Rembang, kemarin. Hal itu muncul dalam rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Kecamatan serentak, Jumat (11/12/2020).

Seperti yang terjadi di Kecamatan Pamotan, saksi 01, Muhammad Kumoro Hadi menyebut banyak kejanggalan yang terjadi. Mulai dari kotak surat suara yang tak tersegel, hingga DPT yang tak sesuai.

Baca juga: Tim Harno-Bayu Sebut Unggul 2 Persen Suara

“Banyak temuan kotak suara yang tidak tersegel dari sejumlah TPS. Ada pula yang terdapat bekas segel, tapi rusak. Kemudian ada pula temuan DPT yang tidak sesuai dengan TPS,” terang Kumoro kepada wartawan.

Sementara di Kecamatan Sarang, saksi 01, Ali Ircham mengungkap ada dugaan penggelembungan suara yang terjadi. Sebab, dari jumlah DPT yang tercantum, justru penyalur hak pilih di TPS terkait jumlahnya melebihi.

Baca juga: Diawali Doa, Cabup Harno Jalan Kaki Salurkan Hak Pilih ke TPS

“Kami temukan kejanggalan ini hampir di seluruh TPS yang ada di Kecamatan Sarang. Seperti, jumlah pengguna hak pilih yang melebih dari jumlah DPT. Kemudian ada A5 yang tidak tertera tujuan mencoblosnya sehingga bisa jadi dia nyoblos lebih dari satu kali di berbeda TPS,” kata Ali.

Ketua Bawaslu Rembang, Totok Suparyanto saat ditemui dalam kunjungannya di Kecamatan Sarang, menyebut protes yang dilakukan oleh para saksi dalam proses rekap merupakan hal yang wajar.

“Kalaupun ada protes dari saksi atau bahkan panwas, PPK punya hak untuk melanjutkan proses rekapitulasi suara. Yang penting protes itu ditulis dalam formulir keberatan,” papar Totok. (ADV/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait