Indonesia dan 16 Negara Ini Gratiskan Vaksin Covid-19

Mitrapost.com Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis, Rabu (16/12/2020). Tak hanya itu, pihaknya juga mengaku siap jadi orang pertama yang disuntik.

“Saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis, sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali. Tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” ujarnya dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (16/12/2020).

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengatakan bahwa dirinya akan menjadi orang pertama yang divaksin. Menurutnya, hal tersebut untuk memberikan keyakinan kepada publik tentang keamanan vaksin.

“Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,” kata Jokowi.

Baca Juga :   Hati-hati! Makanan Ini Bisa Memicu Keracunan

Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis untuk Semua Warga, Jokowi Siap Disuntik Pertama Kali

Melansir Joglosemarnews, selain Indonesia 16 negara lain juga menggratiskan vaksin Covid-19.

Jepang

Pemerintah Jepang telah meloloskan revisi UU bahkan vaksin Covid-19 akan diberikan gratis untuk rakyatnya. Jepang memesan vaksin Covid-19 buatan Pfizer.

Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan menggratiskan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri, Sputnik V. Gamaleya Center menargetkan agar tahun depan mayoritas warga bisa divaksin.

Baca juga: Tahap Awal Penyuntikan Vaksin Covid-19, Jateng Dapat Jatah 421.000 Dosis