oleh

Tak Pakai Masker Saat Lewat Tol Brebes-Semarang, Siap-siap Diswab Antigen

Semarang, Mitrapost.com Tol Brebes-Semarang dijaga ketat jelang perayaan Natal dan tahun baru. Polisi bersama petugas gabungan bakal menindak pengguna jalan tak patuh protokol kesehatan.

Pengamanan ini selain menjaga ketertiban lalu lintas juga sekaligus mengupayakan penekanan penyebaran virus corona.

“Tadi kita sudah memantau ada beberapa pengendara yang dia tidak menggunakan masker, lalu kita hentikan kita wajibkan mereka untuk melakukan rapid (swab) antigen dan tadi hasilnya memang negatif,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna seperti dilansir melalui Sindonews Jateng pada Rabu (23/12/2020).

Meski hasilnya negatif, namun polisi tetap mengingatkan pemudik itu untuk mematuhi protokol kesehatan termasuk mengenakan masker. Langkah itu sebagai upaya pencegahan terjadinya klaster COVID-19 selama arus mudik Natal dan Tahun Baru.

“Tetapi kita ingatkan kepada pengemudi untuk tetap menggunakan masker,” tegasnya.

Baca juga: Pengunjung Rest Area Tol Solo-Semarang Wajib Lakukan Rapid Test Antigen

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menambahkan, jika ada masyarakat yang tidak memakai masker dan terindikasi suhu tubuh lebih dari batas normal akan dilakukan swab antigen.

“Jika ada ditemukan masyarakat yang libur atau mudik Natal dan tahun baru terindikasi tidak memakai masker dan suhu tubuhnya lebih akan dilakukan swab antigen sehingga penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan,” ungkap dia.

Selain itu, Polda Jateng bersama Satgas Penanganan Covid-19 juga telah menyiapkan 11 titik di rest area sepanjang tol Solo-Semarang untuk rapid swab antigen.

Adapun rest area yang menjadi titik kegiatan di sepanjang tol adalah Rest Area 260 B di Kabupaten Tegal pada 27 dan 31 Desember, Rest Area 379 di Batang pada 24 dan 26 Desember, Rest Area 429 di Kabupaten Semarang pada 24 dan 27 Desember, Rest Area 456 A di Kabupaten Semarang pada 26 dan 31 Desember, serta Rest Area 456 B di Kabupaten Semarang pada 26 dan 31 Desember. (fp)

Baca juga: Bersiap Gelar Operasi Lilin Menjelang Nataru, Polres Rembang Kerahkan 83.917 Personel

 

Sebagian artikel ini telah tayang di Sindonews Jateng dengan judul ‘Pergoki Pemudik Tak Kenakan Masker, Begini Perlakuan Polisi‘.

Komentar

Berita Terkait