Muncul Isu Efek Bahaya Vaksin Covid-19, Dinkes Pati: Tahap Uji Coba

Pati, Mitrapost.com – Vaksinasi Covid-19 resmi dicanangkan 2021 mendatang. Masih ada pertanyaan di masyarakat tentang efektivitas vaksin Sinovac yang diimpor pemerintah Indonesia dari China ini.

Berbagai spekulasi pun berdatangan mulai dari apakah vaksin tersebut sundah mencapai standar kemanjuran hingga efek samping yang akan ditimbulkan pasca vaksinasi.

Baca juga: Tren Zakat Meningkat, Tahun Depan Baznas Pati Sasar Perangkat Desa

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati, Edi Siswanto saat ditanyai Mitrapost.com terkait beberapa isu tersebut mengatakan ia sepenuhnya menyerahkan hasil evaluasi vaksin Sinovac kepada Biofarma, lembaga BUMN yang ditunjuk resmi dari pemerintah.

Edi menyayangkan berbagai pihak yang tidak punya kompeten namun berspekulasi bebas hingga membuat situasi semakin tidak kondusif dan memunculkan golongan anti vaksin.

Baca Juga :   Covid-19 Meningkat, Pemkab Pati Bakal Kembali Terapkan Jam Malam

Baca juga: Banyak Angka Stunting di Pati, Dana Desa Bisa Digunakan untuk Penanganan

“Terus terang saya tidak punya kompetensi untuk menjawab itu. Sekarang ini kan banyak orang yang ngomong. Ada yang begini begitu, tapi mereka itu kompetensinya apa. Ada A bicara, B apakah mereka terlibat. Yang saya takutkan mereka tahu sedikit tapi ngomongnya banyak. Itu sangat daya sayangkan,” kata Kadis Dinkes Pati kepada Mitrapost.com saat ditemui dikantornya beberapa waktu lalu.