Pilkades 10 April 2021 Mendatang, Begini Bocorannya

Pati, Mitrapost.com – Pikades (Pemilihan Kepala Desa) direncanakan akan digelar pada 10 April 2021. Fendi Eko Sulistianto, Kasubag Bina Pemerintahan Desa mengatakan, sebanyak 219 desa di Kabupaten Pati akan memperbarui formasi kepala desanya.

“Pilkades 2021 akan diikuti oleh 219 desa dari 21 kecamatan. Sampai sekarang memang belum buka pendaftaran. Tunggu saja, nanti ada jadwal sesuai acuan melalui panitia pengawas untuk dipakai acuan yang dipakai panitia desa. Ini masih tahap sosialisasi. Yang jelas besok berbeda dengan tahun sebelumnya karena ini ada pandemi covid,” kata Fendi kepada Mitrapost.com saat di temui di kantor Setda Pati kemarin.

Baca juga: Pemkab Pati Tak Anggarkan APD untuk Pilkades, Dispermades: Dana Desa Bisa Digunakan

Baca Juga :   TKW Asal Pati Dianiaya Majikan Hingga Buta, Disnaker Siap Dampingi

Menurut wacana, selain menerapkan protokol kesehatan pada sesi pemilihan, jika kemungkinan terburuk pemilih terkena covid-19 maka diprioritaskan untuk boleh tidak memilih.

“Karena menggunakan suara itu kan hak. Mau digunakan atau tidak juga tidak ada punishmen. Misal ada pemilih terkena covid ada ketentuan lagi diatur oleh Perbup (Peraturan Bupati). Pertimbangannya adalah kita dalam masa pandemi, lebih baiknya mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi,” katanya.

Baca juga: Pilkades Serentak di Pati Dijadwalkan Berlangsung 10 April 2021

Sedangkan bagi calon kades yang positif terpapar virus corona boleh tidak harus hadir secara pribadi, “Tinggal itu konteksnya apa. Misalnya acara pengundian nomer urut atau pemungutan suara, bila yang terkait mau meninggalkan acara ya tidak menggugurkan. Tergantung konteks tahapannya,”imbuh Fendi.

Baca Juga :   Antisipasi Kerusuhan Pilkades, Polres Pati Bentuk Satgas Anti Judi dan Politik Uang

Pilkades 2021 juga memuat ketentuan dengan membatasi calon kades minimal 2 calon dan maksimal 5 calon per desa. Sedangkan bagi desa yang mempunyai lebih dari 5 calon akan dikenakan tes tertulis untuk eliminasi.

Baca juga: Pilkades 2019 Berlangsung Luber dan Jurdil, Dewan Pati Berikan Apresiasi

“Kalau hanya 2,3,4,5 cukup. Tapi kalau sampai ada yang daftar 6 dan semuanya memenuhi persyaratan maka akan diadakan ujian tertulis oleh panitia desa diurutkan peringkat 1-5 jadi calon dan nomer 6 gugur,” pungkasnya.