Beragam Khasiat Si Buah ‘Genit’, Menjaga Kesehatan Mata

Mitrapost.com – Buah kesemek memang tidak sepopuler apel. Tapi, tahukah Anda buah kesemek punya banyak manfaat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Banyak yang bertanya, mengapa buah ini berlumur serbuk putih seperti bedak sehingga mendapat julukan buah genit. Sebenarnya buah ini ketika dipetik dari pohonnya tidak ada serbuk putihnya. Lantaran rasanya yang sepet, maka disiasati dengan direndam dalam larutan air kapur minimal selama 24 jam untuk menghilangkan rasa sepetnya.

Baca juga: Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya untuk Tubuh

Tidak cantik, buah kesemek mengandung cukup banyak nutrisi dan vitamin. Mengutip dari buku Jus Ajaib Penumpas Aneka Penyakit karya Dr. Rusilanti, Msi, buah kesemek mengandung vitamin B1, B2, C, Kalsium, Fosfor, zat besi, dan Niasin.

Baca Juga :   Anggota DPRD Pati Gelar Reses di Tambakromo

Berikut ini sejumlah manfaat kesemek, Mitrapost rangkum dari berbagai sumber.

  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat buah kesemek yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini tak lain karena di dalam kesemek terdapat vitamin B kompleks seperti asam folat dan tiamin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati