Ribuan Ikan Menepi di Pantai Teluk Penyu, Petugas Sebut Bukan Pertanda Bencana

Cilacap, Mitrapost.com Fenomena alam puluhan ribu ikan kecil jenis tanjan yang menepi di Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap dalam seminggu terakhir ini menarik perhatian masyarakat.

Petugas Jaga Pantai Teluk Penyu, Sutrisno menjelaskan peristiwa ribuan ikan yang menepi ke pantai bukan hal baru lagi. Menurutnya  hampir setiap tahun di waktu tertentu, jenis ikan tajan atau lebih dikenal ikan siro oleh nelayan setempat tersebut menepi di Pantai Teluk Penyu.

“Ikan mendarat ke pantai bukan yang kemarin saja ya, tapi sering. Kemungkinan sudah hampir satu Minggu lebih. Kalau dipikir itu hal yang lazim dan lumrah,” katanya, Sabtu (9/1/2021).

Baca juga: Fenomena Langka, Penampakan Paus Biru Terjadi Tiga Kali dalam 100 Tahun

Baca Juga :   Usai Kunjungan Kerja, Presiden Jokowi Lepas Tukik di Pantai Kemiren Cilacap

Namun sebagian masyarakat mengaitkan fenomena tersebut merupakan pertanda akan adanya bencana di wilayah Pantai Teluk Penyu.

“Orang banyak yang berasumsi dengan kemunculan ikan tersebut (mendarat) akan terjadi apa, gitu. Sangat sering muncul di pantai sini di jam tertentu. Mungkin sehari bisa empat kali. Kalau kemarin jam jam 09.00 sampai 11.00 WIB pagi. Mungkin pengaruh alam bawah laut. Panas atau apa, jadi ikan-ikan tersebut lari ke darat,” terangnya.