Volume Kubah Lava Gunung Merapi Semakin Meningkat

Sleman, Mitrapost.com Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta  mengatakan volume kubah lava di sisi barat daya Gunung Merapi sebesar 4.600 m3 .

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menjelaskan kubah lava tersebut teramati sudah terbentuk sejak 4 Januari 2021 dan saat ini telah mengalami pertumbuhan. Sedangkan letaknya berada di lereng sisi barat daya, tepatnya di kawah 1997.

“Per tanggal 13 Januari 2021, volume kubah lava di sisi barat daya sebesar 4.600 m3,” kata Hanik, Rabu (13/1/2021).

Hanik menjelaskan kubah lava di Merapi sejauh ini baru teramati satu. Akan tetapi, berdasarkan data ada indikasi jika di bagian tengah kawah juga akan ada kubah lava.

Baca Juga :   Perubahan Morfologi Puncak Merapi, BPBD Bahas Nasib Pengungsi

“Posisi kubah lava yang baru ini ada di atas Lava 1997, tapi ada indikasi di tengah kawah itu juga ada satu. Pada tanggal 31 Desember ada inflasi yang sangat kuat di situ (tengah kawah). Ada indikasi juga adanya kubah lava, namun demikian sampai sekarang kita masih menunggu perkembangannya secara terus-menerus,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati